Senin, 27 Juni 2022

BI Rate TURUN/Naek (Reverse Repo Rate), RD Pendapatan Tetap TUMBUH ... 050318_021021

Bahkan selama pandemi investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap n Campuran mase bisa tumbuh: 

🍅



Bisnis.com, JAKARTA - Lo Kheng Hong atau investor yang kerap dijuluki sebagai Warren Buffet Indonesia mengaku reksa dana pendapatan tetap menjadi salah satu investasi favorit pilihannya.

Dalam video yang diunggah oleh Simas Invest, Lo Kheng Hong mengungkapkan bahwa reksa dana pendapatan tetap, khususnya produk Danamas Stabil yang dikelola Sinarmas AS, menjadi pilihan investasi favoritnya selain saham.

“Uang yang belum saya belikan saham biasanya saya taruh di sana. Ketika saya membeli saham, uang itu bisa saya tarik setiap saat,” ujar Lo Kheng Hong.

Dia pun menjelaskan, kinerja Danamas Stabil baik dan memiliki dana kelolaannya yang juga sangat besar. Bahkan, produk itu memperoleh penghargaan.

Adapun, Lo Kheng Hong mengungkapkan tidak menaruh uang di produk reksa dana Manajemen Investasi lain, selain Sinarmas AM.

Kendati telah ditetapkan sebagai salah satu tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Pak Lo, sapaan akrabnya, mengaku merasa aman melakukan investasi di Sinarmas AM.

Hal itu dikarenakan Sinarmas AM sebagai salah satu entitas grup Sinarmas atau konglomerasi yang sangat kuat dalam soal keuangan dan termasuk ke dalam keluarga terkaya nomor dua di Indonesia.

“Uang saya aman, saya bisa tidur nyenyak di malam hari, tanpa khawatir kalau uang saya tidak bisa ditarik kembali,” ujar Pak Lo.

Di sisi lain, Para tersangka korporasi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan dimintai keterangan oleh Kejaksaan Agung hari ini, Selasa (7/7/2020).

Hal itu diungkapkan oleh kuasa hukum dua manajer investasi, Hotman Paris Hutapea. Dalam unggahan di media sosial Instagram pribadinya, Hotman menyebut dirinya akan mendampingi dua klien manajer investasi pada hari ini, Selasa (7/7/2020) mulai pukul 08.30 pagi.

Untuk diketahui, Hotman telah ditunjuk oleh dua manajer investasi sebagai kuasa hukum, yaitu PT MNC Asset Manajemen dan PT Sinarmas Asset Management. Kedua perusahaan ini sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka korporasi dalam kasus Jiwasraya.

🍎
Bisnis.com,JAKARTA— Instrumen reksa dana pendapatan tetap atau fixed income layak dipertimbangkan oleh investor di tengah terbukanya ruang pemangkasan BI 7-Day Reverse Repo Rate pada Juni 2020.
Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 18 Mei 2020–19 Mei 2020 memutuskan masih mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 4,50 persen, suku bunga Deposit Facility sebesar 3,75 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 5,25 persen. 
Kendati demikian, Pengamat Pasar Modal Anil Kumar memprediksi BI memiliki kesempatan untuk memotong BI7DRR 50 basis points (bps) pada Juni 2020. Dia mencontohkan langkah serupa yang telah ditempuh oleh Brazil dan Afrika Selatan.
Kedua negara itu, lanjut dia, memiliki masalah yang serupa dengan Indonesia yakni masalah current account deficit (CAD)Sejak Juni 2019 hingga Mei 2020, Brazil telah memangkas suku bunga 3 persen dan Afrika Selatan 3,5 persen.
Bahkan, Brazil dan Afrika Selatan masih melakukan pemotongan suku bunga acuan pada Mei 2020 yakni masing-masing 75 bps dan 50 bps.
Anil menjelaskan bahwa kuartal II/2020, khususnya April dan Mei, merupakan periode yang cukup sulit bagi rupiah. Pasalnya, permintaan dolar Amerika Serikat (AS) naik akibat terdapat impor dalam jumlah cukup besar untuk kebutuhan lebaran dan dividen repatriasi oleh investor asing.
Pada Juni 2020, dia memprediksi permintan dolar AS akan kembali menurun. Dengan data CAD kuartal I/2020 yang mencapai 1,44 persen, kebutuhan dolar AS tahun ini menurutnya akan berkurang.
“Alhasil Juni 2020, mata uang rupiah akan lebih stabil dibandingkan dengan April 2020 dan Mei 2020. Oleh karena itu, BI akan dapat langsung memotong suku bunga referensi sebesar 50 bps ke 4 persen,” paparnya.
Anili menyebut posisi suku bunga referensi itu akan menjadi yang terendah sepanjang sejarah suku bunga di Indonesia. Dengan demikian, kondisi itu akan menjadi kabar baik bagi investor obligasi domestik untuk terus melakukan pembelian obligasi mata uang rupiah.

“Terutama reksa dana pendapatan tetap yang memiliki durasi panjang,” jelasnya.
🍒


Bisnis.com, JAKARTA—Jelang momentum Lebaran di tengah suasana pandemi virus corona (Covid-19), para investor disarankan untuk lebih menjaga profil risikonya.
Head of Market Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan saat ini menjelang momentum Hari Raya Idulfitri penyesuaian profil risiko  bisa dilakukan sejalan dengan perkembangan pandemi yang mengubah pola beraktivitas sehari-hari.
“Tahun ini kita gak bisa bilang bagaimana mengatur investasi jelang lebaran, lebih tepatnya ya bagaimana [mengatur] portofolio di tengah pandemi,” ujarnya kepada Bisnis, (12/5/2020)
Wawan menyebut diversifikasi investasi dengan skema 5-3-2 masih paling optimal untuk diterapkan saat ini. 
Skema itu meliputi  
  1. 50 persen alokasi investasi di reksa dana obligasi, 
  2. 30 persen di reksa dana pasar uang, dan 
  3. 20 persen sisanya di reksa dana saham.

Dia menegaskan, jenis reksa dana pendapatan tetap sangat disarankan karena memberikan imbal hasil paling optimal di saat situasi pandemi.
Namun, dalam situasi ini investor harus lebih cermat. Dia beralasan, belakangan ini sudah ada beberapa emiten yang prospeknya nya direvisi menjadi negatif oleh lembaga pemeringkat.

Maka dari itu, Wawan mengingatkan investor untuk waspada karena risiko gagal bayar (default) bagi surat utang korporasi akan meningkat. Dia menyarankan untuk memperbesar porsi di produk dengan underlying aset obligasi negara.
“[Reksa dana berbasis obligasi] Corporate masih oke, tapi mungkin harus dilihat yang ratingnya minimal [peringkat] single A lah. Intinya kalau saat seperti ini lebih baik menjaga profil risiko,” tutur Wawan.
Untuk alokasi kedua, pilihan reksa dana pasar uang dinilai masih menjadi yang paling aman. Terlebih,  apalagi mayoritas reksa dana menaruh asetnya di deposito yang risikonya tentu sangat terukur.
Wawan juga menyarankan bagi investor yang baru mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dan ingin menaruhnya di reksa dana untuk memilih reksa dana pasar uang. Pasalnya, likuiditas reksa dana jenis ini paling tinggi.
“Untuk dana segar seperti THR lebih baik di [reksa dana] pasar uang, karena pandemi Covid-19 ini kan kita tidak tahu akan sampai kapan, jadi kalau tiba-tiba butuh dana darurat bisa langsung dicairkan,” katanya.
Kemudian alokasi ketiga atau yang terakhir baru ke reksa dana saham. Namun, Wawan menggarisbawahi investasi di reksa dana jenis ini harus ditujukan untuk jangka panjang mengingat situasi pasar saat ini.
“Menurut saya saham ini harus dipahami, harus betul-betul long term,” tukasnya.
🍇


per tgl 06 Maret 2020, tren REKSA DANA PENDAPATAN TETAP (SDMP II, MONI II) dibandingkan dengan Reksa Dana Saham (BNP Paribas Ekuitas, Schroder Dana Istimewa), sbb: 
🍈

per tgl 28 Februari 2020, tren REKSA DANA PENDAPATAN TETAP neh dalam 5 taon sbb: 


dalam 2 taon terakhir, tren NAB 4 RDPT yang JO inves sbb:

🍓


per tgl 06 Januari 2020, tren reksa dana pendapatan tetap mase oke lah : 
Tren penurunan suku bunga acuan yang ditopang oleh terkendalinya tingkat inflasi di dalam negeri, akan sangat menguntungkan pasar obligasi. Membaiknya pasar obligasi di Tanah air diperkirakan masih akan berlanjut hingga tahun 2020.
Edward Parlindungan Lubis, Presdir Bahana TCW Investment Management mengemukakan, membaiknya pasar obligasi, termasuk produk turunannya berupa reksa dana fixed income, seperti mengimbangi minimnya performa pasar saham, dan reksa dana saham.
“Kalau tahun 2019 ini memang tahun yang gemilang untuk obligasi, bagus sekali. Rata-rata return obligasi khususnya yang jangka panjang return-nya bisa sampai 12%-13%. Dari kupon mereka bisa mendapatkan 6% sampai 7%, dan sisanya capital gain,” kata Edward dalam satu kesempatan di pertengahan Desember 2019 lalu kepada Majalah Investor (12/12/2019).
Tentunya penurunan tingkat suku bunga acuan yang membuat performa obligasi jadi lebih mentereng. Namun dikatakan Edward, penurunan suku bunga bisa menjadi cerminan bahwa telah terjadi perlambatan ekonomi, sehingga risiko peningkatan inflasi pun dengan sendirinya bisa lebih rendah. “Jadi inflasi kita itu rendah akibatnya bunga Jadi inflasi kita itu rendah akibatnya bunganya menyesuaikan, dari Bank Indonesia menyesuaikan,” ujarnya. “Biasanya kalau ekonomi melambat, obligasi jadi menarik,” imbuhnya.
Edward memprediksi produk investasi berbasis surat utang termasuk reksa dana obligasi setidaknya masih akan menarik hingga semester I tahun 2020. Salah satu alasannya, perlambatan ekonomi diduga masih akan berlanjut hingga tahun depan, dan kondisi ini masih diperparah oleh ketidakjelasan dialog antara Tiongkok dan Amerika Serikat terkait perang dagang. Kendati telah ada kesepakatan fase awal untuk menangguhkan penerapan bea masuk produk Tiongkok ke AS, namun banyak pihak masih meragukan kelanjutan dialog tersebut.
"Belum lagi sekarang Brexit juga tidak jelas. Itu yang paling berat.  Jadi begitu diumumkan Inggris akan keluar dari Uni Eropa, perusahaan-perusahaan sudah pada kabur dari Inggris," papar Edward. Ketidakjelasan Brexit, ujarnya, dipastikan ikut menyumbang perlambatan ekonomi dunia. Dan perlambatan ekonomi tentunya bisa diasosiasikan dengan periode suku bunga acuan yang rendah, yang pada ujungnya menguntungkan bagi produk investasi berbasis surat utang,
Namun demikian, investor tetap disarankan untuk membagi alokasikan dananya di produk investasi lain atau reksa dana lainnya. Produk reksa dana lainnya yang diproyeksikan masih akan menarik adalah pasar uang.
Dikatakannya, banyak investor ritel yang tengah menunggu membaiknya pasar saham, memilih memarkir dana investasinya d reksa dana pasar uang. Dengan yield sekitar 5%-6%, setidaknya reksa dana pasar uang masih memberikan tingkat return yang memadai, ketimbang berspekulasi di pasar saham.
Edward juga memprediksi, industri reksa dana di tahun 2020 akan banyak ditopang oleh produk reksa dana fixed income dan pasar uang. Reksa dana proteksi juga diperkirakan makin diminati oleh investor, walaupun produk reksa dana terproteksi ini akan mulai dikenai kenaikan pajak atas bunga menjadi 10% pada tahun 2021. Saat ini pajak atas bunga reksa dana terproteksi masih sebesar 5%.
“Reksadana fixed income dan proteksi masih cukup convenient buat pasar, karena bisa dibeli dalam skala yang kecil. Daripada dia harus beli Bond langsung, dia harus kumpulkan dana lebih banyak,” kata Edward.
Mengomentari sejumlah kasus gagal bayar manajer investasi beberapa bulan lalu, yang diikuti oleh aksi redemption yang cukup besar di sejumlah manajer investasi berskala menengah, Edward mengaku dalam jangka pendek hal ini bisa memengaruhi appetite investor untuk masuk ke pasar reksa dana. Namun bukan kebetulan juga bahwa kinerja pasar saham di tahun 2019 juga kurang memadai karena tingkat return yang ditawarkan justru negatif.
Sejumlah manajer investasi yang mengalami redemption cukup besar, diduga kuat adalah MI yang pada saat penawarannya memberikan jaminan Return. Kemudian mereka juga menempatkan alokasi investasinya pada saham-saham yang pergerakannya kinerjanya bisa dikatakan anomali, atau tidak terkorelasi dengan pasar. “Secara historical mungkin NAV-nya tidak terpengaruh oleh pasar. Tiba-tiba sekarang saham-saham yang menjadi andalan mereka itu turun terus, NAV-nya jadi buruk. Dan mungkin selama ini investornya juga tidak sadar,” kata Edward.
Sumber : Majalah Investor
🍎

per tgl 16 Desember 2019, tren Reksa Dana Pendapatan Tetap yang JO inves melampaui tren NAB rdSAHAM, yang JO juga inves neh : 
🍑


per tgl 30 September 2019, tren SDMP II, MONI 11, SDI (Schroder dana Istimewa), n BNPPE (bnp paribas EKUITAS) tetap positif imbal hasilnya. Yang lebe gede hasilnya reksa dana pendapatan tetap : SDMP II n MONI II seh. JO juga inves @ reksa dana ini lah : 
periode November-Desember 2019 mungkin akan MEMBALIKKAN arah imbal hasil Reksa Dana SDI n BNPPE seh!
🍒


per tgl 06 September 2019: tren SDMP II n MONI II mase di atas tren NAB Schroder Dana Prestasi (reksa dana berbasis saham) n IHSG (indeks harga saham gabungan): 

🍇

per tgl 19 Juli 2019: Ini tren NAB reksa dana pendapatan tetap, sbb: 







Reksa Dana Pendapatan Tetap berbasiskan investasi manajer investasi @ obligasi /surat utang. Baik negara mau pun swasta. 

JAKARTA sindonews - Kebijakan Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan atau BI 7- days (reverse) repo rate (BI 7DRR) sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75% diyakini akan baik untuk pasar obligasi Indonesia.

Senior Portfolio Manager Fixed Income PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Syuhada Arief melihat potensi lebih lanjut untuk pasar obligasi Indonesia. Iklim pasar finansial sangat mendukung pasar obligasi domestik. 

"Kebijakan The Fed lebih akomodatif, penurunan suku bunga Bank Indonesia, serta kenaikan peringkat kredit Indonesia dari S&P menjadi faktor-faktor yang positif bagi pasar obligasi Indonesia," ujar Syuhada di Jakarta, Jumat (19/7/2019).


Dia juga menilai saat ini sekitar 29% dari obligasi di dunia (sekitar USD12,5 triliun) berada pada level imbal hasil negatif. Kondisi ini berpotensi mendorong global yield hunt, yaitu investor akan mencari investasi yang masih menawarkan imbal hasil positif. "Pasar obligasi Indonesia dapat diuntungkan dari situasi ini karena obligasi Indonesia menawarkan imbal hasil yang tinggi," tambahnya.

Kondisi makroekonomi juga positif, di mana nilai tukar rupiah bergerak stabil, dan kondisi politik pasca pemilu sudah lebih tenang. Kondisi semua hal tersebut menciptakan iklim yang sangat kondusif bagi pasar obligasi domestik. "Kesimpulannya, kami memandang masih ada upside potential untuk pasar obligasi Indonesia ke depannya," ujar dia.

Dia juga mengatakan perseroan masih memandang positif potensi pasar obligasi Indonesia dan akan memanfaatkan momentum positif ini portofolio sehingga menyusun postur yang agresif dengan posisi overweight terhadap benchmark. Tentunya posisi ini dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung pada dinamika pasar kedepannya. 

"Beberapa faktor yang mengubah pandangan kami saat ini apabila ada perubahan ekspektasi terhadap pertumbuhan ekonomi global. Perubahan ekspektasi mengenai suku bunga The Fed, dan apabila tensi dagang memanas dan berpotensi terjadinya eskalasi perang dagang besar-besaran atau meluas mencakup negara lain," ujarnya.

🍇
per tgl 12 April 2019, tren Nilai Aktiva Bersih (harga beli/jual reksa dana) reksa dana pendapatan tetap (Rp) dalam jangka panjang sbb: 

KONTAN.CO.ID - Reksadana sudah lama akrab dengan Aura Kasih. Aktris sekaligus penyanyi bernama asli Shahiyani Febri Wiraatmadja ini berinvestasi di reksadana sejak 2009 lalu.
Tapi, baru dua tahun belakangan perempuan kelahiran Bandung ini menanamkan uangnya di semua jenis reksadana. Sebelumnya, dia hanya membeli reksadana saham.
Meski mayoritas masih reksadana saham, koleksi reksadana Aura sekarang komplet, mulai pasar uang, pendapatan tetap, hingga campuran. “Sudah mulai terbiasa dan kini menambah koleksi,” ungkapnya yang mengenal reksadana dari sejumlah teman.
Bagi Aura, keunggulan reksadana cukup banyak. Misalnya, dengan uang hanya Rp 100.000 sudah bisa berinvestasi di instrumen ini.
Lalu, reksadana punya likuiditas tinggi. Investor bisa menarik duitnya kapan pun, dengan cara menjual kembali unitnya. “Ini, kan, mirip  dengan tabungan,” sebutnya.
Selain itu, risiko investasi di reksadana juga enggak gede-gede amat. Penyebabnya, manajer investasi biasanya memecah dana kelolaan reksadana ke berbagai keranjang investasi, dengan berbagai tingkat risiko serta keuntungan. Dan, yang melakukannya adalah para ahli juga profesional.
Karena itu, selama berinvestasi di reksadana, Aura mendapat cuan yang tidak sedikit, Hanya, ia merahasiakan nilainya. Yang jelas, hasil keuntungan dia pakai untuk modal usaha di bidang kecantikan dan kuliner.
Reksadana saham jadi pilihan utamanya lantaran baginya, investasi sebaiknya untuk jangka panjang. “Return yang dijanjikan tinggi, namun risiko juga lumayan tinggi,” katanya.
Tambah lagi, Aura memang dari dulu tertarik dunia saham. Tapi, karena kesibukannya sebagai artis dan risiko yang tinggi, dia pun memilih reksadana saham. “Ada manajer investasi yang bantu mengurus,” ujarnya.

Sebab itu, dalam memilih produk reksadana, ia lebih memperhatikan nama besar manajer investasi. Baru, kinerja dan strategi investasinya.
Sayang, ia menolak blak-blakan soal produk reksadana yang jadi pilihannya. Yang jelas, Aura yang mengawali karier sebagai finalis Miss Indonesia 2007 mengaku, saat ini sudah tidak terlalu awam lagi soal reksadana.
Menurut wanita yang 27 Februari lalu genap berusia 32 tahun ini, pengalaman panjang dalam membiakkan uang di reksadana membuatnya semakin percaya diri berinvestasi di instrumen itu. “Terus saja mencoba, nanti juga paham seluk beluknya,” saran pemeran Bu Klara dalam film The Sacred Riana: Beginning yang rilis 14 Maret ini.
🍒










Bisnis.com, JAKARTA – Reksa dana pendapatan tetap tercatat memberikan imbal hasil yang paling tinggi pada bulan lalu, ditopang oleh meredanya tekanan dari sisi kenaikan suku bunga.
Berdasarkan data Infovesta Utama, return reksa dana pendapatan tetap pada Maret 2019 tercatat 1,06%, mengungguli imbal hasil produk reksa dana lainnya. 
Selanjutnya, kinerja reksa dana campuran tercatat 0,73% yang diikuti oleh reksa dana pasar uang sebesar 0,42%. Adapun, reksa dana saham menempati posisi terbawah dengan mencatatkan kinerja sebesar 0,19%. 
Bonny Iriawan, Executive Vice President Intermediary Business Schroders Indonesia, memaparkan bahwa potensi Bank Indonesia untuk menahan atau bahkan menurunkan suku bunga menjadi angin segar bagi kinerja reksa dana pendapatan tetap.
Adapun tekanan BI untuk menaikkan suku bunga dalam rangka menjaga nilai tukar rupiah mulai berkurang sejak Bank Sentral AS (Federal Reserve) mengeluarkan pernyataan dovish untuk menaikkan suku bunga hanya satu kali sebesar 25 bps pada tahun ini.
"Bahkan mungkin tidak harus naikkan Fed Funds Rate kalau inflasi di AS moderat. Ekspektasinya dolar AS tidak berlanjut menguat sampai akhir tahun," kata Bonny kepada Bisnis pada Senin (1/4/2019).
Oleh karena itu, kini aliran dana asing pun mulai kembali ke emerging market termasuk Indonesia, sehingga nilai tukar rupiah bergerak stabil. Dengan demikian, BI pun dinilai tidak perlu lagi mengerek suku bunga lebih jauh. 
Bahkan dengan inflasi yang terjaga di level 0,11% m-o-m pada Maret, atau lebih rendah dibandingkan dengan konsensus sebesar 0,14%, Bank Indonesia juga dinilai justru berpotensi untuk menurunkan suku bunga. Adapun inflasi secara tahunan tercatat 2,48%.
Bonny sepakat bahwa aset obligasi kini memang menarik dibandingkan dengan saham setidaknya hingga akhir tahun. Namun demikian, investasi di saham tetap direkomendasikan untuk jangka panjang.
"Bukan berarti alihkan dari saham ke pendapatan tetap. Tetap investasi di saham (jangka panjang), meski secara alokasi aset, obligasi lebih menarik daripada saham setidaknya sampai akhir tahun," imbuh Bonny.
Adapun secara year-to-date per 29 Maret 2019, indeks reksa dana pendapatan tetap juga menjadi satu-satunya reksa dana yang berkinerja melampaui indeks acuannya sebesar 2,99%.
Infovesta Utama mencatat dalam laporan mingguannya, kinerja positif dari indeks reksa dana pendapatan tetap pada bulan lalu juga ditopang oleh kinerja Infovesta Government Bond Index sebesar 1,13%. Sementara itu, Infovesta Corporate Bond Index turut mencetak kinerja bulanan positif sebesar 0,51%.
Selanjutnya Infovesta mencatat 57,51% dari total 313 produk reksa dana pendapatan tetap juga melampaui kinejra Infovesta Fixed Income Fund Index.


🍉



Bisnis.com, JAKARTA - Investor disarankan untuk memilih strategi investasi yang terstruktur dengan tingkat risiko yang cukup kecil di tengah adanya peninjauan kembali asumsi nilai harga acuan (repricing) terhadap sejumlah aset investasi.
Pasalnya, repricing ini berpotensi meningkatkan risiko ketidakpastian. Risiko repricing ini mulai terlihat dari pergerakan imbal hasil obligasi Indonesia. Berdasarkan data Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), Indonesia Composite Bond Index (ICBI) melemah 0,3% dalam sepekan terakhir.

"Untuk mengurangi risiko repricing, investor bisa mengalihkan portofolio ke investasi atau reksa dana yang memberi yield tetap," kata Edward Lubis, President Direktur PT Bahana TCW Investment Management melalui keterangan resmi yang diterima, Senin (5/3/2018).
Hal ini bertujuan agar investor tetap memperoleh kestabilan imbal hasil atau return dalam berinvestasi, terhindar dari risiko repricing yang terjadi di pasar saham dan obligasi (fixed income), serta memberikan perlindungan modal (capital protective).
Dia menambahkan, jika kondisi pasar sudah lebih stabil memperoleh kepastian dari rencana kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) dari The Fed, maka investor bisa mengalihkan lagi portofolio ke pasar modal.
Direktur Strategi Investasi dan Kepala Makroekonomi PT Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat menambahkan, kebijakan pemotongan pajak yang diterapkan Pemerintah AS akan memangkas penghasilan negara.
Sementara itu, AS juga memiliki rencana untuk pembangunan infrastruktur yang memakan biaya yang cukup besar. Oleh sebab itu, Pemerintah AS diduga akan meminjam utang dalam jumlah besar.
"Pemulihan ekonomi di AS akan memicu risiko inflasi AS yang lebih tinggi dari 1,8% menjadi 2,1% pada akhir tahun. Hal ini akan mendorong kenaikan yield US Treasury yang menjadi acuan dari bond negara lainnya," jelasnya.
Bahana melihat bahwa aksi repricing telah membuat kenaikan imbal hasil surat utang negara (SUN) Indonesia, namun kondisi ini sebenarnya bisa dimanfaatkan investor untuk mulai mengatur ulang portofolio mereka. "Saat ini merupakan kesempatan bagi investor lokal untuk melirik yield yang naik ini dan melakukan rebalancing asset," sambungnya.
Potensi dari risiko repricing juga diproyeksi akan terjadi pada pasar modal Indonesia. Akan tetapi, Bahana TCW Investment Management optimistis kondisi pasar modal Indonesia akan tetap positif dalam menghadapi dinamika perubahan pasar global.
Sebab, motor penggerak pasar modal Indonesia lebih banyak. Dari sisi internal, Indonesia memiliki bonus demografi penduduk berusia muda dan urbanisasi. Adapun dari sisi eksternal, harga komoditas dari sektor energi, termasuk batubara dan pertambangan mineral lainnya mengalami pemulihan.
Tak hanya itu, berbagai sentimen internal yang mewarnai pada tahun ini akan menjadi nilai positif bagi pasar modal Indonesia. Misalnya, kondisi tahun politik yang diwarnai dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di banyak wilayah di Indonesia akan mendorong belanja konsumsi masyarakat.
Hal ini menjadi stimulus positif bagi beberapa sektor seperti sektor konsumsi dan media. Kemunculan bisnis digital seperti e-commerce juga akan meningkatkan ekonomi usaha kecil dan menengah (UKM), sektor bank, dan telekomunikasi. Pembangunan infrastruktur pemerintah juga akan menambah nilai bagi sektor properti.
"Sementara itu, potensi kenaikan pada kondisi obligasi Indonesia tak akan cukup besar, namun kenaikan yield obligasi bisa menjadi kesempatan bagi investor lokal sebagai penyeimbang aset," ujarnya.
Soni Wibowo, Direktur Riset dan Kepala Investasi Alternatif PT Bahana TCW Investment Management, menuturkan Bahana memiliki produk reksa dana yang lengkap dan terstruktur dalam mengurangi risiko repricing ini, baik reksa dana di pendapatan tetap maupun reksa dana saham.
“Untuk saham, kami tetap mengacu pada saham-saham yang defensif terhadap volatilitas market dengan mengacu acuan indeks LQ45 dan IDX 30,” ungkap Soni.
🍣


TEMPO.COJakarta -Analis Schroder Investment Management Ricky Samsico memprediksi kinerja reksadana pendapatan tetap akan tetap cukup baik pada 2018 . “Tahun depan boleh dikatakan masih cukup baik,” kata dia saat dihubungi, Minggu, 22 Oktober 2017.
Ricky memprediksi hal itu sebab melihat kondisi perekonomian Indonesia yang masih cukup baik dan tingkat inflasi yang masih terkontrol. “Inflasi paling sampai akhir tahun 3 persen, jadi masih terkendali,” kata dia.
Ricky juga optimistis kinerja reksadana pendapatan akan cukup baik, sebab tahun depan terdapat banyak hajatan penting di negeri ini seperti, persiapan Pemilihan Umum Presiden 2019 dan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serempak 2018 di beberapa provinsi besar seperti di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Itu akan membuat ekonomi tumbuh,” kata dia.



Sebelumnya, reksadana pendapatan tetap mencatat performa gemilang pada September 2017. Menurut data Infovesta Utama yang dirilis Senin (2/10), Infovesta Fixed Income Fund Index mencatat kinerja 8,83% year to date (ytd) dan 1,04% month to month (mom).
Ricky juga mengatakan saat ini reksadana pendapatan tetap untuk sementara mengalami kinerja yang sangat baik tahun ini. Ricky mengatakan return reksadana dana tetap mencatat kinerja lebih dari sepuluh persen year to date. “Return-nya baik bagus sekali sudah di atas 10 persen. Itu yang investasi dari Januari sampai Oktober,” kata dia.
ROSSENO AJI NUGROHO

Read more at https://bisnis.tempo.co/read/1026996/2018-performa-reksadana-pendapatan-tetap-diprediksi-gemilang?BisnisUtama&campaign=BisnisUtama_Click_1#lSSRPHl0KVCedM0L.99



👫
JAKARTA okezone- Menurut Direktur Investasi PT Sucorinvest Asset Management Indonesia, Jemmy Paul Wawointana, produk reksa dana pendapatan tetap (RDPT) cenderung diminati investor seiring dengan peringkat Indonesia berada di level layak investasi (investment grade).

”Reksa dana pendapatan tetap cenderung diminati investor saat ini, seiring dengan peringkat Indonesia di level investment grade," ujarnya di Jakarta.
Dia mengemukakan bahwa minat investor terhadap reksa dana pendapatan tetap itu adalah karena komposisi portofolio di dalam produk itu sebagian besar atau sekitar 80% berisi surat utang atau obligasi.
Dengan peringkat investment grade, lanjut dia, maka akan memperbaiki yield obligasi di dalam negeri sehingga investor maupun manajer investasi semakin antusias mengakumulasi obligasi, terutama milik pemerintah.
Di sisi lain, lanjut dia, inflasi yang terjaga di dalam negeri juga menjadi salah satu faktor yang memicu investor dan manajer investasi untuk mengakumulasi obligasi yang akhirnya berimbas positif pada kinerja reksa dana pendapatan tetap.
Dirinya menambahkan bahwa inflasi yang terjaga juga turut memicu suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7-day Reverse Repo Rate) turun. Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 21-22 Agustus 2017 memutuskan untuk menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps dari 4,75% menjadi 4,50%.
Sementara itu, Direktur Utama Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) Wahyu Trenggono mengatakan bahwa obligasi domestik tercatat memberikan imbal hasil sekitar 13,3% pada periode Januari hingga 8 September 2017, lebih tinggi dibandingkan pasar saham sebesar 10,58%. ”Kondisi ekonomi Indonesia yang kuat dan sentimen positif dari bank-bank sentral global mendukung kinerja obligasi," katanya.
Dia menambahkan bahwa di tengah psar obligasi yang positif itu ada indikasi pergerseran arah investasi investor dari saham ke obligasi. Investor asing tercatat membukukan beli bersih (net buy) dalam instrumen obligasi sebesar Rp125,71 triliun sejak awal tahun hingga 7 September 2017. Sementara di pasar saham investasi asing cenderung berkurang.

(mrt)
💭
per tgl 15 Sep 2107, tren NAB MONI 2 tampaknya maseh naek neh : 




JAKARTA – Dana asing belum keluar dari pasar modal Indonesia. Investor asing hanya mengalihkan dananya dari pasar saham ke instrumen surat utang (obligasi). Hal itu bisa dilihat dari aksi jual bersih investor asing atau net sell di pasar saham yang terus terjadi hingga kemarin.


cek d tren Nilai Aktiva Bersih Manulife Obligasi Negara Indonesia II:
karna OBLIGASI khan menjadi Underlying Assets bwat Reksa Dana Pendapatan Tetap, contoh MONI II, SDT (Schroder dana terpadu 2):


Sementara kepemilikan asing di surat berharga negara (SBN) naik menjadi Rp 789,52 triliun per 5 September 2017 atau meningkat 18,58 persen dibandingkan posisi akhir tahun lalu sebesar Rp 665,81 triliun.

Pada perdagangan Rabu (6/9), indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup melemah 5,84 poin (0,10%) ke posisi 5.824. Pelemahan IHSG diwarnai net sell investor asing sebesar Rp 1,76 triliun, sehingga secara year to date (ytd) sudah mencatatkan net sell sebesar Rp 2,35 triliun. Padahal, pada akhir April lalu investor asing masih mencatatkan beli bersih (net buy) sebesar Rp 22,37 triliun.

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee mengatakan, aksi net sell oleh investor asing terus berlanjut pada perdagangan hari keenam berturut-turut, Rabu (6/9). Bahkan total net sell asing pada perdagangan kemarin mencapai Rp 1,76 triliun. 

Dari jumlah itu, investor asing melakukan aksi jual sebanyak 3,45 miliar lembar saham senilai sekitar Rp 3,29 triliun. Aksi beli investor asing tercatat mencapai 497,59 juta lembar saham senilai sekitar Rp 1,53 triliun.

Hans Kwee menilai, aksi jual tersebut tidak semata-mata terjadi akibat buruknya prospek saham-saham itu. “Aksi jual asing bisa disebabkan keinginan mereka untuk menyeimbangkan portofolio,” kata dia saat dihubungi Investor Daily, Rabu (6/9).

Soalnya, lanjut dia, beberapa saham yang memiliki nilai net sell asing tinggi punya prospek cukup baik. Saham ASII contohnya. Menurut Hans, saham ini berpotensi naik, menyusul penjualan mobil mulai membaik di semester I-2017.

Namun, Hans tidak menampik ada beberapa saham yang memang memiliki prospek redup. “HSMP masih punya tantangan karena kebijakan pemerintah soal cukai rokok dan pembatasan iklan. Sedangkan LSIP terkena dampak harga CPO yang cenderung stagnan,” ujar Hans. (bersambung)

👄

Januari 2017 Return Tumbuh 1,02%, Reksa Dana Pendapatan Tetap Masih Unggul

Thursday, 02 February 2017




JAKARTA - Januari 2017, rerata produk reksa dana pendapatan tetap membukukan kinerja paling tinggi dibandingkan dengan jenis reksa dana lain di tengah kondisi pasar yang diliputi ketidakpastian global.

Berdasarkan data Infovesta Utama, indeks reksa dana pendapatan tetap naik 1,02% sepanjang Januari 2017. Kinerja indeks yang merangkum rerata kinerja produk reksa dana berbasis obligasi itu lebih tinggi dibandingkan dengan indeks reksa dana campuran yang tumbuh 0,64% dan indeks reksa dana saham yang naik 0,27% month on month.

Sepanjang Januari 2017, indeks harga saham gabungan (IHSG) terkoreksi 0,05% ke level 5.294,1 pada penutupan perdagangan Selasa (31/1).

Pada periode yang sama, Indonesia Composite Bond Index (ICBI) berada pada zona hijau dengan tingkat kenaikan 1,7% year to date.

Handy Yunianto, Head of Fixed-income Research Mandiri Sekuritas, menuturkan pasar obligasi membukukan performa yang paling bagus di pasar modal Indonesia sepanjang Januari 2017.
Kinerja positif pada awal tahun ini ditopang oleh penurunan yield surat utang negara dan aksi beli bersih investor asing di pasar SUN.

Berdasarkan data Bloomberg, yield SUN tenor satu tahun turun 28 basis poin month to date ke level 6,64% hingga 24 Januari 2017.

Pada periode tersebut, yield SUN tenor lima tahun dan 10 tahun juga melandai masing-masing 44 bps dan 46 bps ke level 7,15% dan 7,51%.

“Januari pasar obligasi berikan return hampir 2%. Harga obligasi naik karena fl ow jual-beli, di-drive asing beli bersih Rp17,3 triliun. Investor domestik pun net buy, kecuali dana pensiun,” ujarnya, Rabu (1/2). Reli di pasar obligasi menjadi faktor utama pendorong kinerja positif rerata produk reksa dana pendapatan tetap.

Cholis Baidowi, Chief Investment Offi cer Syailendra Capital, menuturkan pasar obligasi bergerak positif pada awal tahun akibat nilai tukar rupiah yang relatif stabil. Selain itu, pengaturan supply-demand Surat Berharga Negara oleh pemerintah melalui Peraturan OJK No.1/2016 yang masih berlanjut pada tahun ini ikut menjaga level imbal hasil obligasi pemerintah.

Berdasarkan data Asian Bonds Online, yield SUN 10 tahun mencapai 7,62% pada 30 Januari 2017 atau turun 35,2 bps sepanjang tahun ini. Adapun sepanjang tahun lalu, spread Surat Utang Negara tenor 10 tahun terhadap US Treasury telah menyempit 150 basis poin.

“Volatilitas pasar akan lebih tinggi pada semester I/2017 menyusul ketidakpastian internaldan eksternal. Portofolio obligasi sebaiknya lebih defensif dengan durasi 0,5 tahun di bawah benchmark,” kata Cholis, Selasa (31/1).

Cholis menambahkan penurunan yield membuat tingkat harga obligasi di pasar meningkat sehingga kinerja reksa dana pendapatan tetap relatif lebih baik dibandingkan dengan jenis reksa dana saham maupun reksa dana campuran.

Menurutnya, investor masih dikhawatirkan oleh ketidakpastian global dan pilkada sehingga reksa dana dengan profi l risiko rendah hingga moderat menjadi pilihan investor.
“Semester II/2017 lebih agresif. Entry poin yang baik apabila yield SUN 10 tahun ada di level 7,9%- 8%,” ujarnya.

PASAR SAHAM

Di pasar saham, Cholis menilai fenomena January Effect tidak berdampak besar terhadap kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG). Sepanjang Januari 2017, IHSG terkoreksi tipis 0,05% ke level 5.294,1 pada akhir perdagangan Selasa (31/1).

Kendati begitu, Cholis optimistis pada paruh kedua tahun ini, pasar saham akan bergairah sehingga kinerja reksa dana saham berpotensi untuk meningkat. Apalagi pertumbuhan laba bersih emiten pada tahun ini diproyeksi mencapai 16% dengan target moderat IHSG naik ke level 5.800 dan target optimistis ke level 6.100 pada akhir tahun ini.

Syailendra Capital menyematkan peringkat overweight untuk emiten sektor perbankan dengan estimasi pertumbuhan laba sebesar 18,4%, sektor telekomunikasi 23,7%, sektor sawit 28,7%, sektor batu bara 32,5%, dan sektor konstruksi 39,5%.

Pada kesempatan terpisah, analis Pasardana Beben Feri Wibowo menuturkan reksa dana pendapatan tetap berpotensi membukukan rerata return sebesar 4%-6%.

Sentimen positif, kata Beben, berasal dari laju ekonomi yang tumbuh sekitar 5%, Peraturan OJK tentang kepemilikan SBN oleh Industri Keuangan Non-Bank, serta stabilitas nilai tukar dan laju infl asi.

“Sentimen negatif dari kebijakan Trump dan kenaikan suku bunga The Fed. Harapannya BI mempertahankan suku bunga acuan untuk tetap menambah gairah di pasar pendapatan tetap,” pungkasnya.

Sementara itu, Pasardana mengestimasi skenario moderat dan optimistis untuk kinerja reksa dana berbasis saham. Kinerja reksa dana saham dan reksa dana campuran, lanjutnya, mengacu pada return IHSG yang diperkirakan naik 9,88% pada skenario optimistis, tetapi hanya naik 3,08% dalam skenario moderat.

Berdasarkan acuan tersebut, kinerja reksa dana saham dan campuran pada skenario optimistis diperkirakan masing-masing 10,32% dan 8,34%.

Pada skenario moderat, rerata reksa dana saham diproyeksi membukukan return 2,93% dan reksa dana campuran 3,6%.

Sumber : Bisnis Indonesia
http://koran.bisnis.com/read/20170202/441/625053/januari-2017-pendapatan-tetap-masih-unggul

👍
JAKARTA bisnis.com— Indeks harga saham gabungan yang rawan terkoreksi sepanjang September 2016 berisiko menekan kinerja reksa dana saham. Investor yang ingin menghindari risiko fluktuasi IHSG disarankan untuk mengalihkan investasi ke produk reksa dana pendapatan tetap.
‎Head of Research PT Infovesta Utama Edbert Suryajaya menuturkan reksa dana saham memang memiliki potensi return yang paling tinggi. Namun, fluktuasi pasar harus menjadi perhatian.
Berdasarkan data Bloomberg, sepanjang September 2016 IHSG terkoreksi 170,49 poin atau -3,16% dari level 5.386,06 pada penutupan perdagangan Rabu (31/8), ke level 5.215,57 pada penutupan perdagangan kemarin.
"Saat ini sebenarnya kami berpeluang untuk melakukan market timing di reksa dana, maupunaverage down. Hanya saja, manajemen untuk memasukkan dana harus lebih baik," ujarnya ketika dihubungi Bisnis, Selasa (13/9).
Menurut Edbert, penurunan pasar sangat dipengaruhi oleh sentimen global dan domestik. Salah satu yang paling ditunggu adalah keputusan penaikan Fed Fund Rate. Agar tidak terpapar volatilitas pasar, investor disarankan untuk wait and see dulu.
"Disarankan hanya investor profesional saja yang tetap stay di reksa dana saham dalam kondisi seperti ini. Untuk investor yang lebih awam, kalau dari kami melihat ada reksa dana pendapatan tetap yang bisa jadi alternatif," imbuhnya.
Lebih lanjut, produk reksa dana pendapatan tetap dinilai layak menjadi alternatif seiring dengan kecenderungan penurunan suku bunga yang menjadi katalis kenaikan harga obligasi.
Kendati demikian, return yang dibukukan reksa dana pendapatan tetap tidak akan setinggi reksa dana saham. Hingga akhir tahun, reksa dana berbasis obligasi ini masih berpotensi untuk mengantongi tambahan return sekitar 3%.
Mengacu pada Infovesta Fixed Income Fund Index, rerata produk reksa dana pendapatan tetap membukukan return 10,21% sepanjang tahun berjalan. Pada periode yang sama, Infovesta Equity Fund Index mencapai kinerja 15.30%.
Sepanjang Januari-Agustus 2016, lima produk reksa dana pendapatan tetap dengan returntertinggi, yakni Mega Dana Pendapatan Tetap 22,22%, Mega Dana Ori Dua 21,37%, Bahana Prime Income Fund 20,01%, Manulife Dana Tetap Utama  19,04%, dan Pendapatan Tetap Abadi 2 sebesar 18,76%.
"Biasanya return-nya lebih tinggi dari reksa dana pasar uang. Tetapi fixed income ada komponen surat utang yang juga bisa bergerak fluktuatif sehingga dalam kondisi market bearish, akan lebih rendah bila dibanding pasar uang," pungkas Edbert.

RAWAN KOREKSI
Direktur Investasi Sucorinvest Asset Management Jemmy Paul Wawointana mengatakan untuk menjaga kinerja reksa dana saham di tengah kondisi pasar yang rawan koreksi, Manajer Investasi menghindari saham yang membukukan beta tinggi.
"Biasanya saham yang betanya cukup tinggi, seperti banks, property, dan basic industrydihindari. Switching ke consumer," tuturnya.
Saat ini, total dana kelolaan reksa dana saham Sucorinvest sekitar Rp350 miliar. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari lima produk reksa dana saham Sucorinvest, antara lain Sucorinvest Equity Fund dan Sucorinvest Sharia Equity Fund yang masing-masing membukukan return 36,2% dan 35,24% sepanjang tahun berjalan.
"Saat ini subscription dan redemtion reksa dana saham seimbang. Dampak tax amnesty belum kelihatan," imbuh Jemmy.
Lucky Bayu Purnomo, analis Danareksa Sekuritas, menuturkan potensi kinerja harian IHSG cenderung melemah untuk menguji kisaran 5.200 dan kisaran garis support 5.179, serta garisresistance tertinggi pada level 5.409.


Jakarta - Investasi reksa dana pendapatan tetap (fixed income) terutama bagi investor institusi masih menarik di tengah tren penurunan bunga deposito. Karena itu, PT RHB Asset Management Indonesia meluncurkan produk reksa dana RHB Fixed Income Fund 2.
“Reksa dana pendapatan tetap sejauh ini masih memberikan tingkat pengembalian menarik melalui pengelolaan efek bersifat utang yang telah mendapat peringkat dari perusahaan pemeringkat efek yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," kata Presiden Direktur RHB Asset Management Indonesia Rima Suhaimi di Jakarta, baru-baru ini.
Rima menjelaskan, reksa dana RHB Fixed Income Fund 2 merupakan reksa dana pendapatan tetap dengan komposisi portofolio investasi minimum 80% dari Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada efek bersifat utang, yang diterbitkan pemerintah RI dan/atau BUMN dengan kategori layak investasi.
Reksa dana ini juga sangat tepat diperuntukan bagi investor institusi bukan bank seperti dana pensiun, yang diwajibkan untuk berinvestasi pada surat berharga negara dan obligasi BUMN sesuai amanat peraturan OJK No 1 Tahun 2016.
Rima juga mengatakan bahwa reksa dana RHB Fixed Income Fund 2 juga merupakan pilihan ideal bagi investor perorangan, yang ingin menikmati manfaat pertumbuhan pasar obligasi negara dengan nominal investasi yang sangat terjangkau minimal hanya Rp 100.000. Adapun total reksa dana yang ditawarkan sebanyak 1 miliar unit dengan harga Rp 1.006,71 per unit.
Reksa dana Fixed Income Fund 2 saat diluncurkan pada 20 Juli 2016 lalu telah menghimpun dana kelolaan sebesar Rp 118 miliar. Per 31 Juli 2016 telah berhasil menghimpun dana masyarakat sebesar Rp 138 miliar. Targetnya hingga akhir tahun ini bisa mencapai Rp 300 miliar.
Lebih lanjut dia mengatakan, untuk memenuhi target penjualan, pihaknya menempuh strategi penjualan reksa dana melalui tenaga pemasaran internal, kerja sama dengan agen penjual reksa dana (APERD), serta melalui layanan online.
"Fixed Income Fund 2 merupakan reksa dana dengan investasi jangka panjang dengan hasil investasi dan keuntungan yang potensial. Ini diharapkan dapat membantu meningkatkan stabilitas industri reksa dana dan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujar Rima.
Sementara itu, Managing Director RHB Group Dato Khairussaleh mengatakan, pertumbuhan ekonomi kawasan yang cepat, dinamis, menantang, dan volatile menuntut investasi yang unggul secara fundamental. "Investor membutuhkan investasi yang terencana dan terdefinisi dengan baik. Hal ini yang ditangkap RHB Asset Management dengan meluncurkan produk reksa dana dengan imbal hasil yang menguntungkan dan aman, karena diperingkat oleh lembaga peringkat yang disertifikasi OJK," ujar Khairussaleh.
Head of Investment RHB Asset Management Liew Kong Qian menambahkan, Fixed Income Fund 2 merupakan alternatif investasi yang menarik dan memberikan manfaat yang lebih pasti di tengah kondisi keuangan yang volatile.
Jauhari Mahardhika/MHD
Investor Daily


JAKARTA kontan. Guna mendongkrak imbal hasil (return), umumnya manajer investasi mengalokasikan dana produk reksadana pendapatan tetap pada Surat Utang Negara (SUN) bertenor panjang.
Begitu pula strategi PT BNP Paribas Investment Partners alias BNPP IP dalam mengelola reksadana pendapatan tetap BNP Paribas Prima II.
Maya Kamdani, Head of Marketing BNPP IP berujar, mayoritas aset BNP Paribas Prima II memang diparkir pada obligasi pemerintah bertenor panjang. Sebab, SUN bertenor lebih dari 10 tahun memiliki likuiditas tinggi sehingga lebih reaktif. Artinya, instrumen tersebut berpotensi mendulang kenaikan harga (capital gain) lebih besar kala pasar obligasi bullish.
“Obligasi pemerintah juga lebih aman. Risiko gagal bayar sangat kecil atau hampir tidak ada,” terangnya.
Sejak awal tahun, pasar obligasi dalam negeri memang disokong katalis positif. Di antaranya pemangkasan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) ke level 6,75%, stabilitas rupiah, hingga terjaganya inflasi domestik di level rendah.
Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,16% periode Januari 2016 – April 2016.
Mengutip fund fact sheet per Maret 2016, efek surat utang mendominasi racikan BNP Paribas Prima II hingga 77,23%. Sisanya, 22,77% aset berupa instrumen pasar uang semisal deposito perbankan.
Perusahaan memang leluasa menempatkan 0% - 90% dana pada instrumen pasar uang serta 0% - 100% pada obligasi.
“Reksadana ini memang sesuai bagi investor yang berprofil risiko moderat dengan horizon investasi menengah hingga panjang,” ujarnya.
Adapun per April 2016, BNP Paribas Prima II telah mencetak return 8,91% (ytd). Angka tersebut mengungguli rata-rata return reksadana pendapatan tetap, tercermin pada Infovesta Fixed Income Fund Index yang tercatat 6,49% periode sama.
Dengan strategi yang kini diterapkan, Maya berharap hingga akhir tahun 2016, return BNP Paribas Prima II dapat tetap mengungguli rata-rata return reksadana pendapatan tetap.
Pasar obligasi domestik berpeluang melanjutkan tren bullish apabila inflasi Tanah Air tetap terjaga. BI juga bakal menerapkan kebijakan BI seven days reverse repo 
rate mulai Agustus 2016 mendatang.
“Kami masih memantau situasi apakah bakal memperbesar porsi obligasi. Soalnya masih ada risiko volatilitas di pasar,” jelasnya.
Maklum, Bank Sentral Amerika Serikat (AS) alias the Fed berencana menaikkan suku bunga yang saat ini di level 0,25% - 0,5%.
Per 10 Mei 2016, reksadana pendapatan tetap ini telah diperdagangkan dengan nilai aktiva bersih per unit penyertaan (NAB/UP) senilai Rp 2.001,76. Adapun per Maret 2016, BNP Paribas Prima II telah meraih dana kelolaan Rp 851,57 miliar. Produk yang meluncur sejak 25 September 2007 tersebut menggunakan bank kustodian Citibank, N.A. cabang DKI Jakarta.
Nah, investor yang ingin mengoleksi reksadana ini dapat melakukan pembelian minimal Rp 500 ribu yang dikenakan biaya maksimal 2% per transaksi.
Perusahaan juga mengutip biaya pengalihan maksimal 1% per transaksi serta biaya jasa pengelolaan maksimal 2% per tahun. Ada pula biaya jasa kustodian sebesar 0,2% - 0,25% per tahun.
Analis Infovesta Utama Beben Feri Wibowo menduga, sepanjang tahun 2016, Infovesta Fixed income Fund Index akan berkisar 7% - 7,7%.

per tgl 19 April 2016







Jakarta - Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menegaskan, apabila masyarakat menginginkan return ( imbal hasil) yang tinggi dari sebuah investasi, jangan mengandalkan kepada pendapatan bunga bank. Sementara itu, pemerintah akan menetapkan batasan tingkat bunga deposito dana BUMN tidak terlalu tinggi di atas laju inflasi.

"Kalau mau return tinggi jangan di bank, tapi investasi di sektor keuangan atau riil. Jangan harapkan bunga bank," ujar Menkeu dalam sambutannya di Property and Mortgage Summit 2016 di Jakarta, Kamis (18/2).

Sebaliknya, Bambang mengimbau kepada masyarakat agar berinvestasi di instrumen yang lebih menjanjikan, misalnya pasar modal. Dia mengingatkan, selama ini ada mentalitas yang salah di kalangan masyarakat, tak terkecuali di pemerintahan hingga korporasi. Sebagian besar dana ditempatkan di perbankan dengan harapan memperoleh tingkat bunga yang tinggi. Padahal, perbankan pun memiliki keterbatasan dalam memberikan tingkat bunga.

"Tingkat bunga bank tidak menjanjikan return yang menggiurkan. Supply dana pihak ketiga terbatas, padahal demand tinggi," ujarnya.

Menkeu mengajak masyarakat mengubah mentalitas semacam itu. Dengan demikian, financial deepening di Indonesia dapat terbangun. Karena selama ini masyarakat mengandalkan perbankan dalam hal kegiatan keuangan dengan risiko yang relatif rendah. Akibatnya, instrumen keuangan lain yang sebenarnya dapat menjanjikan imbal hasil lebih tinggi belum dilirik.

Ketika masyarakat masih mengandalkan bank, menurut dia, jumlah investor tidak akan bertambah. Masyarakat selamanya akan menjadi deposan yang tidak naik kelas menjadi investor. "Tingkat bunga bank tidak menjanjikan return menggiurkan, mereka mulai berpikir ke reksa dana, pasar modal, atau obligasi, dengan begitu financial deepening dapat berjalan," ujarnya.

Menurut ambang, selama ini financial deepening masih relatif dangkal. "Jangan harapkan bunga bank karena tidak akan membuat kita jadi investor, jadi deposan saja," ujarnya.

Secara terpisah, Menko Darmin Nasution mengatakan, pemerintah akan menetapkan tingkat bunga deposito dana BUMN tidak terlalu tinggi di atas laju inflasi. "Masa deposito maunya jauh di atas inflasi. Di atas inflasi udah oke, tapi tidak terlalu tinggi, ya kan. Jadi tidak rendah, juga tidak tinggi," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Meski demikian, Darmin masih enggan mengungkapkan secara rinci besaran di atas inflasi yang menjadi acuan bunga deposito dana BUMN itu. "Tidak bisa dibilang dulu, tapi sudah ada (besarannya)," ujarnya.

Menurut dia, peserta rapat yang membahas suku bunga di Kantor Wapres kemarin, menyetujui usulan penurunan suku bunga tersebut, termasuk Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian BUMN.

Untuk membahas langkah-langkah lanjutan dalam upaya mendorong penurunan suku bunga perbankan, Darmin akan membentuk tim di kantornya, yang juga beranggotakan pihak dari BI dan OJK.

Selama ini, menurut dia, BUMN yang menaruh deposito dalam jumlah besar di perbankan, kerap meminta suku bunga simpanan yang tinggi, dengan kisaran dua digit. Tingginya deposito itu juga memberikan nilai tawar kepada BUMN agar mampu menekan perbankan untuk memberikan bunga simpanan yang tinggi.

Likuiditas Bank Ketat

Alhasil, perbankan yang memang berlomba mencari dana pihak ketiga (DPK), memasang suku bunga deposito yang tinggi. Hal itu dilakukan perbankan agar mereka tidak kehilangan deposannya. Jika perbankan kehilangan deposan maka likuiditas perbankan akan mengetat.

Namun, tingginya bunga deposito itu memicu biaya dana (cost of fund) perbankan membengkak. Dengan kenaikan biaya dana, perbankan akhirnya memasang suku bunga pinjaman yang tinggi, yang akhirnya menyulitkan nasabah untuk meminjam uang dari bank.

Pemerintah, kata Darmin, melihat hal itu sebagai inefisiensi. Pendapatan bunga BUMN memang meningkat, namun dampak negatifnya melanda masyarakat yang kesulitan untuk mencari sumber pendanaan. "Jadi jika dihitung-hitung, malah rugi. Masyarakat harus bayar mahal, jadi tidak efisien," ujarnya.

Karena itu, pemerintah menargetkan suku bunga pinjaman dapat ditekan hingga satu digit pada 2016 dari saat ini yang masih berada di dua digit. Menurut dia, OJK juga akan mengeluarkan kebijakan untuk membantu meringankan biaya dana di industri perbankan. "Yang penting agar industri perbankan menjadi efisien," ujarnya.

Kementeri Koordinator bidang Perekonomian bersama-sama dengan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kini mempersiapkan peraturan untuk mempercepat penurunan suku bunga.

"Kami segera akan membentuk tim bersama sehingga dalam waktu lama lagi akan kami selesaikan (permasalahan tingginya suku bunga)," ujarnya setelah rapat terbatas perekonomian di Kantor Wakil Presiden, kemarin.

Pemerintah, menurut dia, bersama-sama dengan OJK dan BI akan mengambil langkah-langkah di internal pemerintah termasuk pihak BUMN. Sedangkan pihak BI dinyatakan akan mengambil langkah-langkah agar tingkat BI Rate yang juga kerap disebut sebagai policy rate (suku bunga kebijakan) bisa secara bertahap turun.

Sedangkan OJK sendiri diharapkan semakin mengendalikan agar cost of fund di perbankan secara umum juga agar turun, dan bagaimana agar overhead cost-nya semakin efisien sehingga tingkat suku bunganya turun. "Intinya bagaimana kebijakan tingkat suku bunga turun dengan cepat," ujarnya.

Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) kemarin, BI memutuskan untuk kembali menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 7%. Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan penurunan ini dilakukan karena memang ada ruang untuk dilakukannya pelonggaran. "Keputusan in juga diharapkan bisa menopang target pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ujar Gubernur BI Agus Martowardoyo.

Menurut Agus, salah satu alasan penurunan dilakukan setelah melihat kemungkinan Fed Fund Rate tidak akan dinaikkan dalam waktu dekat. Paling cepat kenaikan FFR akan dilakukan pada semester kedua tahun ini dengan tingkat kenaikan lebih rendah.

Sebelumnya pada Januari 2016 BI juga sudah menurunkan BI Rate menjadi 7,25%, dan sekarang diturunkan lagi 25 bps menjadi 7% pada Februari 2016.

Di sisi lain, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad mengatakan, penurunan tingkat suku bunga tidak akan merugikan bank tetapi malah akan memperkuat karena bakal memperluas basis kreditur. "Penurunan suku bunga kredit akan mampu memperluas basis penerima kredit," ujarnya.

Dengan kata lain, menurut dia, penurunan bunga juga akan membukakan akses yang lebih luas bagi mereka yang ingin mengambil kredit sehingga jumlah nasabah dari bank itu juga bakal bertambah.

Muliaman mengatakan, pihaknya juga akan memberikan insentif bagi bank yang bisa meningkatkan efisiensinya. bari/munib/fba

http://www.neraca.co.id/article/65775/jangan-cari-return-tinggi-via-bank-bi-rate-turun-lagi-menjadi-7




Sumber : NERACA.CO.ID


JAKARTA ID – Rerata tingkat pengembalian investasi (return) reksa dana pendapatan tetap (fixed income) sepanjang Januari tahun ini tercatat sebesar 1,9%. Return reksa dana fixed income tetap unggul dibandingkan reksa dana saham yang minus 0,15% dan campuran yang sebesar 0,48%.

Berdasarkan data Infovesta Utama, rata-rata return reksa dana fixed income terepresentasi dari Infovesta fixed income fund index. Pertumbuhan return reksa dana fixed income tetap lebih tinggi dibandingkan Infovesta government bond index yang sebesar 1,43% dan Infovesta corporate bond index sebesar 0,65%.

“Pertumbuhan reksa dana fixed income ditopang oleh kinerja surat utang negara (SUN) dan obligasi korporasi. Masingmasing tumbuh positif 1,43% dan 0,65%,” kata analis Infovesta Utama Beben Feri Wibowo kepadaInvestor Daily di Jakarta, Senin (1/2).

Lebih lanjut dia mengatakan, penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) dan suku bunga acuan (BI rate) menjadi sentimen positif terhadap pasar SUN. Sementara itu, return reksa dana saham lebih rendah dibandingkan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) sebesar 0,48%. Beben mengakui bahwa minusnya return reksa dana saham, karena pasar saham masih tertekan.

Pelemahan pasar saham tidak terlepas dari penurunan harga minyak mentah dunia. Harga minyak sempat menyentuh level US$ 30 per barel pada Januari tahun ini. “Serta terpengaruh tekanan kondisi ekonomi Tiongkok,” ujar dia.

Beben mengungkapkan bahwa ada potensi return reksa dana saham bulan ini bakal positif. Hal itu dapat terjadi dengan harapan pemerintah memberikan kebijakan lanjutan yang dapat menggairahkan pasar saham. Kebijakan yang dapat menggairahkan pasar saham di antaranya penurunan lanjutan BI rate dan jika bisa penurunan lanjutan harga BBM.

Infovesta Utama memproyeksikan industri reksa dana bertumbuh tahun ini. Pertumbuhan industri reksa dana bakal terjadi dari sisi dana kelolaan (asset under management/AUM) maupun dari sisi unit penyertaan. Pertumbuhan industri reksa dana akan ditopang oleh membaiknya sentimen-sentimen dari dalam maupun luar negeri. Hal tersebut seiring dengan berbagai upaya pemerintah maupun bank sentral sejumlah negara besar untuk menggenjot pemulihan ekonomi.

“Pilihan reksa dana yang terbaik harus disesuaikan dengan profil risiko masing-masing serta kebutuhan likuiditasnya,” ungkap analis Infovesta Utama Praska Putrayanto.

Membaiknya sentimen-sentimen domestik dan global juga akan mendongkrak kinerja IHSG tahun ini. Dia memprediksi IHSG tahun ini tumbuh 10,9-14,2%.

Sementara itu, tahun ini, SUN juga diproyeksi bakal bergairah. Praska memprediksi pasar SUN yang tercermin padagovernment bond index tumbuh 7,2-8%. Industri reksa dana bakal tumbuh mengikuti pasar saham dan SUN.

Dia memprediksi return reksa dana saham melalui Infovesta equity index akan tumbuh sebesar 11,3-14,8%. Sedangkanreturn reksa dana campuran melalui Infovesta balanced funds index diproyeksikan tumbuh 9,4-11,6%.

“Industri reksa dana pendapatan tetap melalui Infovesta fixed income funds index diperkirakan tumbuh 7-7,7%,” ungkap dia.

Tumbuh 15%
Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) memproyeksikan total dana kelolaan (asset under management/AUM) industri reksa dana tahun ini tumbuh sebesar 15%. Pertumbuhan AUM tersebut lebih tinggi dibandingkan realisasi tahun lalu yang sebesar 13% atau mencapai sekitar Rp 270 triliun.

Ketua Umum APRDI Denny Thaher mengatakan, tahun lalu terdapat dua faktor penting yang mempengaruhi industri reksa dana. Pertama, akibat penurunan pasar saham yang tercermin pada indeks harga saham gabungan (IHSG), banyak investor yang membeli kembali saat IHSG turun.

“Kedua adalah banyak yang mengalihkan reksa dana ke produk terproteksi dan pasar uang untuk menghindari volatilitas,” tutur Denny.

Kedua hal tersebut yang mendorong per tumbuhan AUM industri tahun lalu. Sementara itu, anggota Kompartemen Sosialisasi dan Edukasi APRDI Rudiyanto mengatakan, target pertumbuhan AUM tahun ini sebesar 15% sudah dapat tercapai dengan pertumbuhan harga saham dan obligasi. Karena itu, potensi pertumbuhan AUM tahun ini bisa lebih tinggi.

Meski demikian, Rudiyanto menilai bahwa tekanan terhadap pertumbuhan AUM dapat terjadi apabila banyak investor yang melakukan redemption. Dia optimistis pasar surat utang dan saham dapat tumbuh tahun ini, tetapi hal yang menantang adalah meningkatkan jumlah investor untuk mendongkrak pertumbuhan AUM.

Pilihan Investasi
Sementara itu, Denny mengatakan, selama ini masyarakat Indonesia masih banyak yang menabung unuk mencapai tujuan finansial. Padahal, reksa dana juga merupakan vehicle untuk mencapai tujuan tersebut.

Menurut dia, reksa dana bukan produk untuk orang kaya yang menginginkan uangnya terus bertambah. Dia menjelaskan bahwa reksa dana erupakan produk untuk orang yang belum kaya untuk mencukupi kebutuhannya. “Saya kira itu yang jadi problem,” tuturnya.

Dia ingin membangkitkan kesadaran investasi masyarakat dengan melihat kebutuhan mereka. Denny mencontohkan bahwa masyarakat perlu berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan dana untuk pensiun atau menyekolahkan anaknya.

Karena itu, APRDI terus meningkatkan intensitas program edukasi dan sosialisasi produk reksa dana kepada masyarakat untuk meningkatkan jumlah investor reksa dana. Berdasarkan road map APRDI, pada 2017 diharapkan ada lima juta investor reksa dana.

Denny mengatakan, tahun ini asosiasi tidak memiliki target spesifik terkait jumlah investor. Namun, APRDI masih memilikitarget 5 juta investor pada 2017. “Tapi untuk sampai ke sana kita harus kerja lebih keras lagi, karena sampai saat ini jumlah investor reksa dana baru mencapai 260 ribu orang,” tutur Denny.

Jumlah investor reksa dana tersebut berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dia melanjutkan, APRDI masih terus menggenjot program sosialisasi dan edukasi reksa dana kepada masyarakat.

Denny mengungkapkan bahwa bakal ada program APRDI yang cukup besar. Dia berharap program tersebut akan menjaring banyak investor baru. “Progam itu akan di-launching pada kuartal II – 2016,” tuturnya.

Terlepas dari itu, Denny menilai bahwa hal penting dalam edukasi adalah memberitahu masyarakat bahwa berinvestasi tidak perlu menunggu kondisi pasar baik. Investasi harus dilakukan setiap saat.


Dia menganalogikan, apabila kondisi pasar sedang jelek tidak berarti investor berhenti menyiapkan dana pensiunnya. Oleh sebab itu, investasi harus dilakukan untuk jangka panjang, secara reguler dan disiplin.

per 22 Jan 2016, ternyata tren NAEK SDMP2 berawal sejak OKT 2015 bo : 
manulife obligasi negara indonesia 2 juga neh, lalu yang RD Campuran (saham, obligasi, tunai): 





aset dasar sebuah reksa dana pendapatan tetap : OBLIGASI aka SURAT UTANG yang dikeluarkan oleh Pemerintah atwa juga oleh BI :


Bisnis.com, JAKARTA- Kinerja return reksa dana tahun ini berjalan tidak mulus dan sulit mencapai target. Hanya reksa pasar uang dan pendapatan tetap yang sejauh ini sudah mencapai targetnya.
Berdasarkan data Infovesta Utama (per 18 Desember 2015), sejumlah kinerja return reksa dana periode setahun tercatat sangat rendah. Untuk reksa dana saham, return periode setahun tercatat -15,41%. Kemudian, untuk reksa dana campuran tercatat -7,17%.
Adapun, untuk kinerja return reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang tercatat positif dengan return masing-masing 3,79% dan 6,51%.
Bila mengacu target return Infovesta yang telah direvisi pada September lalu, terlihat hanya reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang yang kinerjanya masih sesuai dengan target Infovesta.
Sebagai informasi, Infovesta memang telah merevisi target return reksa dana tahun ini menjadi lebih rendah seiring bergejolaknya pasar saham. Bukan hanya reksa dana saham yang dikoreksi, tetapi target kinerja reksa dana pendapatan tetap dan campuran juga turut dikoreksi.
Infovesta merevisi return reksa dana saham hingga akhir tahun menjadi -9% sampai 6%, reksa dana campuran menjadi -5% sampai -2%, reksa dana pendapatan tetap menjadi 2%-4% dan reksa dana pasar uang tetap di posisi 6%-7%.
Sementara pada awal tahun, Infovesta menargetkan return reksa dana saham sekitar 11%-14%, reksa dana campuran 9%-11%, reksa dana pendapatan tetap 7%-8%, dan reksa dana pasar uang 6%-7%.
Hans Kwee, Direktur Investasi Saran Mandiri mengatakan kinerja return reksa dana saham dan campuran akan sulit capai target karena pasar saham tahun ini sangat berfluktuaktif. Sedangkan, untuk reksa dana pasar uang masih positif karena didorong oleh tingginya suku bunga di dalam negeri.
"Suku bunga masih relatif tinggi ya, reksa dana pasar uang tidak terpengaruh oleh kinerja perekonomian dan pasar saham," kata Hans saat dihubungi BisnIis, Minggu (20/12).
Sementara, untuk kinerja return reksa dana pendapatan tetap, Hans menilai hal tersebut ditopang oleh kinerja pasar surat utang negara (SUN) yang masih stabil. Menurutnya, meski sama-sama bergejolak akibat kondisi perekonomian dalam negeri dan global, kinerja SUN lebih stabil.
"Tidak seperti yang terjadi di saham, langsung terpengaruh," katanya.

Bisnis.com, JAKARTA-- Kepemilikan surat berharga negara oleh reksa dana sepanjang tahun ini sudah bertambah Rp13,7 triliun atau tertinggi sepanjang lima tahun terakhir. 
Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, kepemilikan reksa dana pada surat berharga negara (SBN) sudah mencapai Rp59,58 triliun atau bertambah Rp13,7 triliun dibandingkan dengan perolehan 2014 yang sekitar Rp45,79 triliun. 
Bila dibandingkan dengan data sejak 2010, penambahan kepemilikan di SBN oleh reksa dana tahun ini merupakan yang tertinggi. Pada 2014, kepemilikan hanya bertambah Rp3,29 triliun dibandingkan dengan prolehan 2013. Kemudian, kepemilikan pada 2013 justru mengalami penurunan sekitar Rp690 miliar. 
Begitu juga dengan 2012 dan 2011 yang mengalami penurunan. Pada 2012, kepemilikan SBN oleh reksa dana tercatat Rp43,19 triliun atau turun Rp4,03 triliun dari perolehan 2011 yang Rp47,22 triliun. Sementara pada 2011, terjadi penurunan kepemilikan sekitar Rp3,94 triliun dari Rp51,16 triliun pada 2010 menjadi Rp47,22 triliun pada 2011. 
Head of Fixed Income PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Ezra Nazula mengatakan meski volatilitas di pasar obligasi sepanjang tahun ini cukup tinggi, permintaan obligasi pemerintah oleh reksa dana masih cukup tinggi. 
“Tetap akan ada inflow, karena yield tinggi cukup menarik tahun ini sehingga banyak investor yang masuk ke SUN,” kata Ezra usai acara Market Outlook 2016 di Jakarta, Selasa (15/12).
Menurutnya, permintaan SUN oleh reksa dana akan tetap seiring dengan pemerintah yang aktif menerbitkan obligasi, termasuk melalui lelang. Bahkan, kata Ezra, di tengah volatilitas yang tinggi, kepemilikan investor asing di SUN juga tidak berkurang. “Per November kepemilikan SUN oleh asing itu 38,15%, sedangkan akhir tahun lalu sekitar 38,13%,” ujarnya.
Dia menilai, tahun depan pasar obligasi pemerintah masih akan menarik minat investor, khususnya untuk obligasi dengan seri panjang. Ada sejumlah sentimen positif yang membuat pasar obligasi tetap menjadi incaran investor, termasuk reksa dana. Sejumlah sentimen positif tersebut adalah inflasi yang terkendali akan membuka peluang untuk diturunkannya BI rate. 
“Sebagian besar dari  domestik. Tahun depan ada ruang BI untuk menurunkan suku bunga acuan. Kemudian, suplai bond yang lebih banyak di awal tahun, serta sejumlah paket kebijakan pemerintah yang akan mendorong perbaikan perekonomian,” jelasnya. 
Meski demikian, pasar obligasi tahun depan bukan tak ada tantangan. Masih ada sejumlah sentimen negatif yang membayangi, seperti berlanjutnya pelemahan rupiah, kenaikan suku bunga teh Fed dan kebijakan Tiongkok yang berpengaruh pada negara emerging market
Handy Yunianto, Head of Fixed Income Research PT Mandiri Sekuritas mengatakan investor domestik memang menjadi pendorong untuk pasar obligasi tahun ini dan tahun depan. Menurutnya, untuk reksa dana, tahun lalu penambahannya hanya sekitar Rp3 triliun, tapi sepanjang tahun ini sudah melebihi Rp10 triliun. 
Support lokal ini juga akan jadi faktor positif tahun depan. Kepemilikan reksa dana masih akan tumbuh, seiring penurunan bunga deposito juga,” kata Handy.

JAKARTA kontan. Anjloknya harga surat utang negara (SUN) seri menengah dan panjang dimanfaatkan investor. Pasalnya, investor bisa masuk dengan harga murah.
Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sejumlah seri SUN teraktif yang diperdagangkan dari sisi frekuensi pada Augustus antara lain FR0068, SR007, dan FR0071.
Dari sisi volume, seri teraktif seperti FR0070, FR0053 dan FR0071.
Fixed Income Analyst Samuel Sekuritas Indonesia Maximilianus Nico Demus mengatakan seri bertenor menengah dan panjang mengalami penurunan harga paling dalam sepanjang Agustus.
Pemicunya, adanya kebijakan Tiongkok dalam melakukan devaluasi mata uangnya dan berimbas terhadap tekanan rupiah.
"Seri menengah dan panjang tentu menjadi salah satu obligasi yang paling turun harganya ketika pasar obligasi mengalami gejolak," ujar Nico, Jakarta, Kamis (10/9).
Anjloknya harga mengakibatkan seri tersebut menjadi murah. Bahkan, seri FR0068 bertenor 20 tahun turun hingga mencapai batas bawah.
Di sisi lain, yield SUN kian terkerek dan menarik.
"Para pelaku pasar dan investor tentu segera masuk secara bertahap untuk mendapatkan harga di bawah dengan yield tinggi dan yield tertinggi itu bisa di dapatkan dari seri bertenor menengah hingga panjang," ujar Nico.
Selain itu, tenor menengah dan panjang juga dimanfaatkan investor untuk memaksimalkan keuntungan ketika pasar obligasi mengalami recovery.
Juga, tenor ini akan mengalami penurunan paling dalam ketika pasar bereaksi terhadap berita global ataupun domestik.
Ketika obligasi tersebut mengalami penurunan dalam, tentu imbal hasil akan semakin tinggi.
"Hal ini yang di lihat sebagai kesempatan oleh para pelaku pasar dan investor untuk bisa mendapatkan posisi," ujar dia.
Analis Sucorivest Central Gani Ariawan mengatakan minat investor terhadap tenor menengah dan panjang masih tinggi.
Sebab, seri tersebut menawarkan yield menarik.
"Tren ini terlihat sejak Juli ketika yield mengalami kenaikan," ujar Ariawan.
Tak hanya investor domestik, tenor ini juga diserbu oleh investor asing
Sebaliknya, Fixed Income Analyst BNI Securities I Made Adi Saputra mengatakan ramainya transaksi pada seri-seri tersebut disebabkan oleh aksi jual investor akibat pelemahan rupiah.
"Hal tersebut terlihat dari kenaikan yield tenor menengah dan panjang yang lebih besar dibandingkan tenor pendek," kata Made.
Disamping itu, volume perdagangan SUN didominasi oleh tenor menengah dan panjang lantaran volatilitasnya yang cukup tinggi.
Hal tersebut dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan strategi trading.
Harga Sulit Naik
Nico memperkirakan harga obligasi tahun ini masih sulit untuk kembali di harga kisaran pada bulan February samingga April 2015 sebelumnya.
Kemunculan paket kebijakan Presiden yang diumumkan Rabu (9/9) kemarin juga diperkirakan tidak bisa memberikan efek jangka pendek untuk mengerek pasar obligasi.
"Terlihat pada perdagangan obligasi Kamis (10/9) ini yang di buka flat. Demikian juga dengan penutupan Rabu sore. kamis pada tengah hari hingga sore hari juga kembali melanjutkan penurunannya, di ikuti oleh penurunan Rupiah yang semakin melemah," ujar dia.
Pasar obligasi diperkirakan masih akan tertekan apabila tekanan Rupiah masih berlanjut.
"Namun, saat ini menjadi saat yang baik untuk bisa mulai kembali masuk secara bertahap, karena dalam hitungan, valuasi obligasi Pemerintah tentu bisa di katakan sangat murah," tutur Nico.
Made sepakat paket kebijakan baru akan berdampak terhadap pasar obligasi dalam jangka panjang.
"Sebab paket kebijakan yang disampaikan pemerintah eksekusinya tidak bisa cepat," ujar dia.
Sedangkan untuk jangka pendek, pasar Surat utang masih akan dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.
Editor: Adi Wikanto.


JAKARTA kontan. Industri reksadana non saham tetap tumbuh di tengah gejolak pasar modal. Infovesta Utama mencatat dana kelolaan reksadana pasar uang dan pendapatan tetap masing-masing bertambah Rp 1,28 triliun dan Rp 264 miliar sepanjang Agustus 2015.
Dana kelolaan reksadana pasar uang naik dari Rp 26,38 triliun pada Juli menjadi Rp 27,66 triliun pada Agustus. Demikian juga dengan reksadana pendapatan tetap yang naik dari Rp 40,566 triliun menjadi Rp 40,83 triliun pada periode yang sama.
Padahal, secara keseluruhan dana kelolaan industri reksadana turun dari Rp 249,38 triliun menjadi Rp 249,69 triliun.
Analis Infovesta Utama Viliawati mengatakan kenaikan dana kelolaan reksadana non saham ditopang oleh naiknya unit penyertaan. "Sebab, terjadi penambahan dana atau subscription pada reksadana tersebut," ujar Vilia.
Unit penyertaan reksadana pasar uang pada Juli tercatat sebesar 24,49 miliar unit. Nilai tersebut naik menjadi 24,87 miliar unit pada Agustus 2015. Sedangkan unit penyertaan pendapatan tetap naik dari 23,75 miliar unit menjadi 23,93 miliar unit.
Menurut Vilia, tren suku bunga deposito tinggi juga ikut mengerek nilai pasar portofolio reksadana pasar uang. Dus, mendorong kenaikan dana kelolaan produk ini.
"Hal ini dikarenakan adanya pendapatan berupa bunga deposito. Di sisi lain, nilai pokok deposito tidak mengalami perubahan nilai seperti layaknya saham," ujar dia.
Sekedar informasi, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mematok tingkat bunga penjaminan simpanan dalam rupiah di bank umum sebesar 7,75% per tahun. Sedangkan untuk bank perkreditan rakyat (BPR) sebesar 10,25%.
Direktur PT Bahana TCW Investment Management Soni Wibowo mengaku sejumlah investor melakukan switching atau memindahkan dananya dari reksadana saham ke pasar uang. Langkah tersebut dilakukan investor untuk meminimalisir kerugian di reksadana saham. "Namun, perpindahan tersebut hanya dalam jumlah kecil sehingga dana kelolaan reksadana pasar uang kami stabil," ujar Soni.
Sementara itu, untuk dana kelolaan reksadana pendapatan tetap tercatat naik Rp 250 miliar secara month on month (MoM) Agustus 2015. Menurut Soni, kenaikan dana kelolaan ditopang oleh penambahan dana investor ritel.
Dia optimistis bisa mengejar total target dana kelolaan hingga akhir tahun sebesar RP 29 triliun. Target tersebut akan dicapai salah satunya dengan peluncuran produk reksadana terproteksi.
Editor: Barratut Taqiyyah.

JAKARTA kontan. Optimisme terhadap pulihnya perekonomian Tanah Air memicu perpindahan kegemaran investor asing dari mengoleksi surat utang negara (SUN) tenor pendek dan menengah menjadi panjang.
Data SUN dwi mingguan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR) mencatat, per 1 September 2015, porsi investor asing dalam SUN domestik mencapai Rp 526,03 triliun atawa 37,78% dari total outstanding SUN yang dapat diperdagangkan sebesar Rp 1.392,45 triliun.
Dari total portofolio asing tersebut, sebanyak 46% investor asing menggenggam SUN bertenor lebih dari 10 tahun. Angka tersebut naik ketimbang posisi akhir tahun 2014 yang berkisar 43%.
Kenaikan juga terlihat pada SUN bertenor lima tahun hingga 10 tahun dari semula 34% menjadi 38%.
Sebaliknya, penurunan terjadi pada SUN berusia dua tahun hingga lima tahun dari posisi 15% menjadi 11%.
Hal yang sama juga terjadi di SUN berusia satu tahun hingga dua tahun yang menyusut dari 4% menjadi 3%. Begitu pula dengan SUN bertempo kurang dari satu tahun yang mengecil dari level 5% menjadi 3%.
Analis Sucorinvest Sentral Gani Ariawan menilai, sejak awal tahun 2015, ada sebagian investor asing yang bergeser dari SUN tenor pendek dan menengah menjadi SUN tenor panjang.
Menurut Ariawan, aksi tersebut mengindikasikan bahwa investor asing yakin perekonomian Indonesia masih cerah dalam beberapa waktu mendatang. S
ebab, SUN tenor panjang umumnya lebih berisiko.
Jika mereka berani menggenggam SUN tenor panjang, berarti mereka masih optimistis dapat memperoleh capital gain atas kenaikan harga obligasi di masa depan.
“SUN tenor panjang juga jadi incaran investor asing yang bertujuan untuk trading karena lebih fluktuatif dan sensitif,” jelasnya.
Memang banyak pihak yang memprediksi ekonomi Indonesia bakal pulih di paruh kedua tahun 2015.
Apalagi inflasi dalam negeri per Agustus 2015 tercatat 0,39%. Hal ini menguatkan peluang target inflasi Tanah Air tahun ini yang dipatok 4% (±1%) akan tercapai.
Selain itu, lanjut Ariawan, investor asing menyukai SUN tenor panjang karena lebih likuid di pasar sekunder.
Pemerintah memang sering melelang SUN seri acuan yang bertenor panjang.
Yield obligasi Indonesia juga tergolong tinggi ketimbang negara lainnya seperti Thailand dan Filipina,” tukasnya.
Mengacu Asian Bonds Online per Jumat (4/9), yield SUN tenor 10 tahun Indonesia berkisar 8,88%.
Angka tersebut lebih menarik ketimbang yield SUN bertenor sama negara-negara tetangga seperti Malaysia yang mencapai 4,39%, Thailand sebesar 2,85%, Vietnam sebanyak 7,15%, serta Filipina yang tercatat 4,47%.
Ariawan menerawang, hingga akhir tahun 2015, porsi investor asing yang menggenggam SUN lebih dari 10 tahun akan menggemuk di 47% - 48%.
Memang ada ancaman kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Sentral Amerika Serikat yang dapat berimbas negatif ke pasar obligasi domestik.
“Tapi sentimennya justru positif karena rencana tersebut sudah ada kejelasan, ada titik terangnya,” katanya.
Di sisi lain, kenaikan serapan anggaran belanja pemerintah serta program pembangunan infrastruktur dalam negeri juga akan mendorong perekonomian Indonesia. Sehingga, investor asing akan gencar masuk ke SUN tenor panjang akibat optimisme tersebut.

Editor: Adi Wikanto.


Market Review

Pada Jumat lalu (28/8), obligasi yang diperdagangkan antara lain FR0068 (jatuh tempo 15/3/34; harga penutupan bursa 94; yield to maturity 9,05%), FR0070 (15/3/24; 97,7; 8,76%), Bank Bukopin Subordinasi I Tahap I (6/3/19; 93,45; 11,54%; idA) dan Jasa marga Berkelanjutan I Tahap I S C (27/9/18; 98,2; 9,58%; idA). Selanjutnya, harga surat berharga negara (SBN) menguat dengan rata–rata 0,2%, sedangkan harga obligasi korporasi melemah dengan rata–rata 0,18%. Volume jual–beli obligasi korporasi membesar dari Rp448,7 miliar pada Kamis (27/8) menjadi Rp603,01 miliar pada Jumat (28/8). Namun, frekuensi perdagangannya turun dari 108 kali menjadi 85 kali. Sementara itu, volume perdagangan SBN mengecil dari Rp14,21 triliun pada Kamis (27/8) menjadi Rp7,21 triliun pada Jumat (28/8). Namun, frekuensi perdagangannya terkikis dari 517 kali menjadi 353 kali.



Ringkasan Berita

Lima seri SUN dilelang Selasa depan

Pemerintah berencana untuk merilis lima seri SUN melalui lelang pada Selasa depan (1/9) dengan target indikatif Rp10 triliun. Dana yang didapat akan digunakan untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan dalam APBN 2015. Seri yang akan ditawarkan kali ini adalah SPN03151202 (new issuance), SPN12160902 (new issuance), FR0053 (reopening), FR0056 (reopening), dan FR0072 (reopening).



SSIA kaji penerbitan obligasi global SGD100 juta

PT Suya Semester Internusa Tbk (SSIA) tengah mengkaji penerbitan surat utang dalam denominasi Singapur dolar sebesar SGD100 juta pada bulan depan. Sebelumnya Perseroan telah gagal membatalkan penerbitan surat utang berdenominasi dolar As senilai USD200 juta. Perseroan menyatakan, obligasi tersebut merupakan alternatif pendanaan untuk membiayai rencana ekspansi Perseroan. Selain itu, Perseroan tengah menjajaki penerbitan obligasi bermata uang rupiah senilai Rp1 triliun sebagai cadangan, apabila pasar dolar Singapura tidak kondusif. Sesuai dengan rencana awal, dana hasil emisi maupun pinjaman akan digunakan untuk akuisisi lahan industri di Subang dan Karawang.

Sumber: Bisnis Indonesia, Kementerian Keuangan







Sumber : IPS RESEARCH
JAKARTA – Pemerintah tengah mengkaji skema penggunaan dana cadangan dalam rangka stabilisasi obligasi negara (bond stabilization fund) untuk menghindari tekanan di pasar, seperti peralihan modal asing secara tiba-tiba (sudden reversal). Dana cadangan atau sejenis dana abadi ini hanya digunakan ketika diperlukan.

“Logikanya harus modal dana abadi, tapi bukan abadilah. Maksudnya dia sudah ada di situ, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) paling menambahkan kalau perlu. Tapi, kita belum sampai ke sana. Ini baru bicara framework (menggunakan BSF),” ujar Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro usai rapat kerja di Komisi XI, Jakarta, Rabu (10/6).

Bond stabilization fund tersebut rencananya berada dalam sebuah rekening (akun) yang dapat dipergunakan setiap saat. Dana ini pun merupakan alternatif terakhir untuk mengatasi krisis, setelah pemerintah menggunakan skema-skema yang telah dibentuk sebelumnya.

Sebagai informasi, pemerintah telah mempunyai skema penanganan kondisi krisis, yaitu dengan Bond Stabilization Framework dan pinjaman siaga. Dana BSF pun sudah dianggarkan melalui APBN, anggaran badan usaha milik negara (BUMN), dan dana contigensi (dana cadangan). Bambang mengatakan, ada persamaan antara BSF dan bond stabilization fund yaitu akan digunakan dalam kondisi kalau terjadi yield obligasi negara tinggi dan terjadi penarikan dana asing secara besar-besaran. Namun, pendanaan BSF berasal dari APBN dalam jumlah yang terbatas, serta dana-dana BUMN, dana pensiun, dan asuransi.

Sedangkan untuk bond stabilization fund akan dikelola oleh Kementerian Keuangan, namun belum difinalisasi dan masih dikaji lebih lanjut. “Kalau yang dedicated fund itu dana yang disimpan dan digunakan kalau diperlukan. Ini masih belum final konsepnya, baru konsep umum,” jelas Bambang.

Sementara itu, pemerintah belum memberikan kepastian kapan bond stabilization fund diberlakuan. Hingga saat ini, pemerintah masih akan berfokus pada skema BSF. Bambang pun menyatakan, keberadaan bond stabilization fund nantinya hanya digunakan apabila BSF sudah terpakai penuh.

Bambang menegaskan, bond stabilization fund merupakan skema penting untuk menangani penarikan dana asing dalam jumlah besar yang bisa terjadi setiap saat. Di samping itu, saat ini pun kekhawatiran akan normalisasi suku bunga Amerika Serikat harus diwaspadai. Sekadar informasi, gagasan bond stabilization fund ini pernah digulirkan pada 2011 lalu.

Dipegang DJP2R
Ekonom Universitas Indonesia Lana Soelistianingsih menilai, yang perlu diperhatikan terkait dengan rencana pembentukan bond stabilization fund adalah siapa pemegang akun dari dana stabilitas. Ia berpendapat, sebaiknya pemegang akun adalah Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (P2R).

Pasalnya, DJP2R lebih memahami kondisi pasar, dan kapan perlu untuk dikeluarkan. “Kalau yang melakukan eksekusi bukan DJP2R dan anggarannya harus diminta dulu, kekhawatiran ada koordinasi yang membuthkan waktu. Akibatnya buy back seharusnya sudah masuk, tapi sudah lewat,” kata Lana.

Sementara itu, Lana menuturkan, semestinya dana akun tersebut sudah dianggarkan dalam APBN. Mislanya, 1% atau kurang dari 1% dari total anggaran APBN bisa dicadangkan untuk fund tersebut. (ID)

JAKARTA kontan. Efek penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia ( BI rate) dari 7,75% menjadi 7,5% menjalar ke pasar reksadana. Apa saja imbas penurunan BI rate terhadap reksadana? Senior Fund Manager BNI Asset Management Hanif Mantiq mengatakan, penurunan BI rate bisa mendongkrak kinerja reksadana pendapatan tetap. Sebaliknya, kebijakan ini dapat memperlambat kinerja reksadana pasar uang. Dua jenis reksadana ini paling sensitif dengan BI rate. Maklum, aset dasar reksadana pendapatan tetap mayoritas berupa surat utang. "Dan mayoritas aset dasar reksadana pasar uang adalah deposito,” ujar Hanif, kemarin. Penurunan BI rate bakal menekan yield surat utang. Alhasil, harga surat utang di pasar sekunder ikut naik. Imbal hasil reksadana pendapatan tetap pun terkerek. Di sisi berbeda, Hanif menyatakan, bunga deposito perlahan akan turun seiring koreksi BI rate. Ini dapat menekan imbal hasil reksadana pasar uang. Presiden Direktur Bahana TCW Investment Management Edward Lubis memperkirakan, bunga deposito akan turun mengikuti proyeksi BI rate. Prediksinya, BI rate akhir tahun ini bisa diturunkan lagi hingga ke level 7,25%. Ini berpotensi memangkas bunga deposito 50 basis poin, sepanjang tahun ini. Reksadana campuran yang berisi obligasi juga kecipratan berkah penurunan BI rate. Tapi, porsi obligasi di reksadana campuran tidak banyak. Kendati prospek obligasi bagus, Direktur Utama Samuel Asset Management Agus Basuki Yanuar, menyatakan belum berniat mengubah strategi portofolio reksadana campuran. "Kami tetap mengandalkan saham yang juga positif," ujar Agus. Di reksadana campuran Samuel, porsi aset dasar yang berupa saham 70%, obligasi 20%-25%, dan sisanya efek pasar uang. Manajer investasi tak banyak mengubah strategi portofolio reksadana setelah BI rate turun. Aset dasar deposito tetap dipertahankan. Sedangkan pada surat utang, lebih dipilih tenor panjang. Alasannya, menurut Edward, ekspektasi inflasi yang terukur dan membaiknya neraca perdagangan Indonesia bisa menekan yield surat utang negara (SUN) tenor panjang. Suplai SUN tenor panjang yang menyusut di tahun ini, menurut Fixed Income Fund Manager Ashmore Asset Management Indonesia Anil Kumar, ikut mendongkrak harga SUN tenor panjang. Infovesta Utama memproyeksikan return reksadana campuran sepanjang tahun 2015 sebesar 9%-11%, pendapatan tetap 7%-8%, dan pasar uang 6%-7%. Editor: Yudho Winarto


Jakarta- Tingkat pengembalian investasi (return) produk reksa dana pendapatan tetap (fixed income) selama Januari 2015 berhasil melampaui reksa dana saham. Berdasarkan data Infovesta Utama, rata-rata return reksa dana fixed income sebesar 3,31%, sedangkan reksa dana saham hanya sebesar 0,62%.
Return reksa dana fixed income juga berhasil mengalahkan reksa dana campuran yang sebesar 0,96%. Adapun pertumbuhan indeks harga saham gabungan (IHSG) selama Januari sebesar 1,19%.
Produk reksa dana fixed income yang dikelola oleh PT Mega Capital Investama, yaitu Mega Dana Ori Dua, merupakan produk dengan return tertinggi sebesar 9,74%. Produk reksa dana Mega Capital lainnya, yakni Mega Dana Pendapatan Tetap, berada di posisi dua dengan return 9,54%.
Analis Infovesta Utama Yosua Zisokhi mengatakan, prospek reksa dana fixed income pada kuartal I tahun ini memang lebih baik dibandingkan reksa dana saham dan campuran. “Salah satu penyebabnya adalah inflasi yang turun, sehingga harga obligasi terangkat,” kata Yosua kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (3/2).
Namun, menurut dia, kinerja bagus reksa dana fixed income diperkirakan tidak akan berlangsung hingga akhir tahun ini. Sebab, kinerja obligasi akan tertekan oleh rencana Bank Sentral AS yang akan  menaikkan suku bunga acuan tahun ini. Hingga akhir 2015, reksa dana fixed income diproyeksi memberikan return sebesar 6,8-7,4%.
Sementara itu, analis Panin Asset Management Rudiyanto mengungkapkan, kinerja produk reksa dana fixed income tetap menarik. Menurut dia, return produk reksa dana fixed income dalam setahun biasanya berada pada kisaran 8%. “Tapi rata-rata return reksa dana fixed income sudah mencapai 4-6% dalam satu bulan,” ujar dia.
Rudiyanto menegaskan, faktor yang mempengaruhi kinerja reksa dana fixed income adalah deflasi yang terjadi pada Januari. Terjadinya deflasi pada bulan lalu membuat nilai surat utang terangkat, sehingga berpengaruh langsung terhadap return produk reksa dana fixed income.
Pada Januari tahun ini, investor dikejutkan oleh deflasi yang terjadi karena kebijakan pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Padahal, pada akhir tahun lalu, inflasi tercatat terjadi cukup tinggi, karena kebijakan penaikan harga BBM.
Menurut Rudiyanto, produk reksa dana fixed income masih akan bagus dalam satu hingga dua bulan ke depan. “Satu hingga dua bulan ke depan kenaikan masih bisa terjadi,” ungkap dia.
Sementara itu, produk reksa dana yang dikelola PT Panin Asset Management dan PT BNI Asset Management mencetak return paling tinggi pada kelompok reksa dana saham dan campuran selama Januari 2015.
Pada kelompok reksa dana saham, return Panin Dana Prioritas paling tinggi sebesar 3,88%. Sedangkan produk reksa dana campuran BNI Asset, yaitu Dana Berkembang, mencetak return sebesar 6,81% atau paling tinggi pada kelompok campuran.
Yosua memperkirakan, return reksa dana saham hingga akhir 2015 berkisar 8,8-11,6%. Sedangkan return reksa dana campuran sebesar 7,9-9,8%. Kedua jenis reksa dana tersebut diperkirakan tumbuh tidak terlalu jauh dengan proyeksi pertumbuhan IHSG hingga akhir tahun ini sebesar 11%.

Penulis: Muhammad Rausyan Fikry/PCN
Sumber:Investor Daily

74 komentar:

  1. Bagi anda yang membutuhkan penghasilan pasif..
    Silahkan rekomendasikan pada teman-teman anda di website kami http://titipdana.com ..
    Dapatkan 2% dari setiap invetasi teman anda, oppp jangan lupa daftar terlebih dahulu....

    BalasHapus
    Balasan



    1. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

      Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

      saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

      Pembayaran yang fleksibel,
      Suku bunga rendah,
      Layanan berkualitas,
      Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

      Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

      Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

      Hapus
  2. pinjaman! pinjaman!! pinjaman!!!
    Apakah Anda mencari perusahaan pinjaman swasta terkemuka dan terakreditasi yang memberikan pinjaman untuk kesempatan seumur hidup. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan cara yang sangat cepat dan mudah, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman usaha, pinjaman investasi, konsolidasi hutang dan banyak lagi. Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Jangan terlihat seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada perorangan dan perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tarif 2%. Tidak ada nomor jaminan sosial yang dibutuhkan dan tidak diperlukan pemeriksaan kredit, 100% dijamin. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang andal dan suportif dan kami akan dengan senang hati menawarkan pinjaman kepada Anda.
    Kemudian kirimkan email ke: (amandaafredoloan42@gmail.com) untuk mengajukan pinjaman.

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  4. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  5. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  6. Nama saya, jayachandra fadhlan
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN Eksotis. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. karina bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan demikian. tahu tentang perusahaan fashion. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Ibu karina melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut via email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan sejahtera.

    BalasHapus
  7. Selamat siang pak / nyonya

    Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



    LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    * Pinjaman pribadi.
    * Pinjaman Bisnis.
    * Pinjaman Investasi.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman konstruksi.
    * Pinjaman Kartu Kredit
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Pinjaman bisnis dan lainnya:

    Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

    elizebethisaac@gmail.com

    Terima kasih

    kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

    BalasHapus
  8. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  9. Halo, nama saya adalah SALSABILLA ZULFKAR yang mengutuk hukuman di tangan pemiutang palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30,000,000 kerana saya memerlukan modal besar Rp. 300,000,000 ,. Saya hampir mati, saya tidak mempunyai tempat untuk pergi. Perdagangan saya telah musnah, dan dalam proses saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak boleh tahan lagi kejadian ini. Minggu lalu saya berjumpa seorang sahabat lama yang menjemput saya kepada seorang ibu yang baik, Cik KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500,000,000

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima terima kasih saya, dan semoga Allah terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan rakan saya. Saya juga ingin menggunakan peluang ini untuk memberikan nasihat kepada orang Indonesia yang lain, terdapat banyak penipu di sana, jadi jika anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa saja yang memerlukan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih boleh menghubungi nombor whatsApp ibu +1 (585) 708- 3478
    Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk maklumat lanjut.

    BalasHapus
  10. Saya senang dan bersyukur saya mendapat pinjaman Rp200.000.000. Apakah Anda seorang pria atau wanita dan Anda telah mencari pinjaman, dan Anda telah ditolak oleh bank Anda. Saya ingin memberi tahu Anda hari ini bahwa Anda bisa mendapatkan pinjaman dari perusahaan online terbaik dan Anda tidak perlu mengisi banyak dokumen juga, mereka juga memiliki tingkat bunga yang baik. Saya dikenalkan dengan PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND oleh seorang teman yang telah mendapatkan pinjaman dari mereka, saya membutuhkan uang tunai dan saya mengunjungi bank saya dan mereka mengatakan kepada saya bahwa saya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman karena kredit buruk. Saya senang sekarang karena saya dapat mendirikan bisnis besar yang saya impikan. Pembayaran saya akan segera dimulai. Berhentilah membuang-buang waktu Anda dengan semua pemberi pinjaman di luar sana dan kunjungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND untuk mendapatkan dana pinjaman Anda. Anda dapat menghubungi mereka melalui EMAIL ATAU WHATSAPP karinarolandloancompany@gmail.com atau +15857083478

    BalasHapus
  11. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang sesuai keinginan Anda? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Kredit Pemilikan Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Laon otomatis.
    Pinjaman pelajar.
    Pinjaman bayaran.
    Pinjaman syariah.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.
    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND

    Kebutuhan keuangan Anda Hubungi kami melalui Email:
    Email: karinaloancompany@gmail.com atau WhatsApp saja +1 (585) 708-3478 ...

    BalasHapus
  12. Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers, saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  13. Halo semuanya
    Nama saya JOSEPHINE JUMAWAN CABALLO, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin berterima kasih kepada ibu yang baik KARINA ROLAND karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Mrs. KARINA ROLAND bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk bersikap berani dan saya menghubungi Mrs. KARINA ROLAND dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari Ny. KARINA ROLAND jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang saya miliki selesai dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Roland email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu KARINA ROLAND untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  14. Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington, DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman tanpa ditipu, berlaku dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya seorang guru. Saya ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang berkeinginan menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya scammed, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun yang akan membuat perusahaan ini tersenyum di wajah Anda. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang mengatakan kepada saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah seorang teman saya menerima pinjaman $ 39.000,00 dolar dan yang lain dari teman saya menerima jumlah $ 65.000,00 dolar sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online berlaku dari perusahaan ini dan Anda akan yakin, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakannya untuk membantu orang yang membutuhkan loa n. Jika Anda memerlukan pinjaman online, lamar dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui ini berarti alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp hanya +1(585)708-3478 dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut. , Terima kasih semua.

    BalasHapus
  15. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Perlu Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tetapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan tidak ada muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk meminta nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

    BalasHapus
  16. Halo semuanya
    Nama saya JOSEPHINE JUMAWAN CABALLO, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin berterima kasih kepada ibu yang baik KARINA ROLAND karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Mrs. KARINA ROLAND bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk bersikap berani dan saya menghubungi Mrs. KARINA ROLAND dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari Ny. KARINA ROLAND jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang saya miliki selesai dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Roland email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu KARINA ROLAND untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  17. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019

    tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Saya adalah Budiwati Permata
    Pinjaman saya 800 juta
    Christael Missan perusahaan investasi pinjaman
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Neville Street, Prairrieville, LA, Louisiana 70769, AS
    Facebook: christabel missan ibu
    Nomor Whatsapp +15614916019
    Nomor Layanan Pelanggan whatsApp +19177461022

    BalasHapus
  18. Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya telah selesai dengan saya, nama saya Susan Garcia, dari phillipine, Mrs.KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan saya hidup saya. Saya sangat berhutang budi kepada orang-orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai hasil dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa perlombaan diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dilepaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman yang sah secara online sehingga saya harus mencari melalui blog yang saya selingkuh sebelumnya tetapi ketika saya menemukan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada itu benar-benar sebuah mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan karena itu ia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya mengajukan permohonan dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi saat saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa bersihkan semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak perlu bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita yang mandiri. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan kenyataan bahwa di dunia yang sulit ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di perusahaan Anda. Hidup dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Mrs.KARINA ROLAND di alamat di atas sehingga Anda dapat mengatasi krisis keuangan dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Mrs. KARINA ROLAND dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

    BalasHapus
  19. NAMA: Titin yuni Arlini
    ACCOUNT NUMBER: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum seperti saya memposting ini karena KARINA ELENA PERUSAHAAN PINJAMAN ROL telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp250.000.000 untuk menghapus semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami saya sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan saat ini saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan IBU KARINA karena memberi saya pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya karena bantuan dari KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Mahakuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari IBU KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  20. Penguji ..... jayachandra fadhlan
    Negara ...... Indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    Facebook ..... jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook .... Karina Elena Roland
    email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  21. semua berkat mrs karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir merenggut nyawaku, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik perusahaan pinjaman roland karina, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat bertemu dengan syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah rincian saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik Ibu. Karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaannya yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  22. Hubungi kami:
                                                ☎:::::::::::::>+62 822-7404-5059
    W/A:::::::::>+6282274045059

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  23. Halo, nama saya RITHA PURNAMA SARI memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 6.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 400.000.000, saya hampir mati, saya tidak punya siapa pun untuk lari. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan ibu saya yang sakit karena saya sakit untuk merawatnya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang tetangga tua yang mengundang saya ke NINASHELLEYLOANCOMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000.000 tanpa stres dan pinjaman saya dijamin.

    Saya sangat senang. Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada perusahaan pinjaman yang sah yang telah membantu saya, dan semoga ALLAH terus memberkati Mrs.NINA SHELLEY dan tetangga baik saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasihat kepada orang Indonesia lain, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi Ny. NINA SHELLY melalui email)
    (ninashelleyloancompany@gmail.com)

    Telepon: +19362091264
    Nomor WhatsApp: +19362091264.

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (rithapurnamasari063@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut. Allah memberkatimu.

    BalasHapus
  24. KABAR BAIK!!

    Nama saya Yula Falentina dari Surabaya dan saat ini tinggal di Malaysia. terima kasih kepada REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman RM760.000 dengan tingkat bunga sangat rendah sekitar 2%.

    Saya ditipu oleh penipu online bulan lalu, terima kasih kepada Tuhan yang menggunakan Rebecca Alma untuk mengakhiri semua kecurigaan saya dalam hidup saya, saya tidak pernah percaya saya bisa mendapatkan perusahaan pinjaman asli, jadi saya mencari pinjaman tanpa sejarah kredit dan saya punya banyak bank dan perusahaan keuangan untuk menghentikan saya, tetapi semua menolak.

    Saya melihat halaman di internet dan saya melihat seorang wanita yang membagikan kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari REBECCA ALMA LOAN COMPANY. Saya menghubungi ibu Rebecca dengan percaya diri dan dalam waktu 2 jam, saya mendapat pinjaman, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog itu benar-benar palsu karena semua hutang saya dibayar. Saya berjanji kepada Tuhan untuk membagikan kesaksian hidup saya karena mereka memberi saya harapan lagi. Harap berhati-hati ketika mencari perusahaan pinjaman karena ada perusahaan pinjaman palsu yang akan menipu Anda dari uang Anda namun Anda tidak akan mendapatkan pinjaman. Hubungi ibu Rebecca melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com atau Anda masih dapat menghubungi ibu Rebacca melalui nomor whatsapp: +14052595662.

    Anda masih dapat menghubungi saya melalui alamat email saya: yulafalentina944@gmail.com

    Semoga Tuhan memberkati Anda semua karena Anda mendapatkan pinjaman dari Rebacca Alma Loan Company dan juga membagikan kabar baik sehingga orang-orang tidak akan jatuh cinta pada perusahaan palsu di mana pun.

    BalasHapus
  25. KABAR BAIK!!

    Nama saya Yula Falentina dari Surabaya dan saat ini tinggal di Malaysia. terima kasih kepada REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman RM760.000 dengan tingkat bunga sangat rendah sekitar 2%.

    Saya ditipu oleh penipu online bulan lalu, terima kasih kepada Tuhan yang menggunakan Rebecca Alma untuk mengakhiri semua kecurigaan saya dalam hidup saya, saya tidak pernah percaya saya bisa mendapatkan perusahaan pinjaman asli, jadi saya mencari pinjaman tanpa sejarah kredit dan saya punya banyak bank dan perusahaan keuangan untuk menghentikan saya, tetapi semua menolak.

    Saya melihat halaman di internet dan saya melihat seorang wanita yang membagikan kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari REBECCA ALMA LOAN COMPANY. Saya menghubungi ibu Rebecca dengan percaya diri dan dalam waktu 2 jam, saya mendapat pinjaman, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog itu benar-benar palsu karena semua hutang saya dibayar. Saya berjanji kepada Tuhan untuk membagikan kesaksian hidup saya karena mereka memberi saya harapan lagi. Harap berhati-hati ketika mencari perusahaan pinjaman karena ada perusahaan pinjaman palsu yang akan menipu Anda dari uang Anda namun Anda tidak akan mendapatkan pinjaman. Hubungi ibu Rebecca melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com atau Anda masih dapat menghubungi ibu Rebacca melalui nomor whatsapp: +14052595662.

    Anda masih dapat menghubungi saya melalui alamat email saya: yulafalentina944@gmail.com

    Semoga Tuhan memberkati Anda semua karena Anda mendapatkan pinjaman dari Rebacca Alma Loan Company dan juga membagikan kabar baik sehingga orang-orang tidak akan jatuh cinta pada perusahaan palsu di mana pun.

    BalasHapus
  26. Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman jenis apa saja? Atau apakah Anda khawatir secara finansial? Apakah Anda harus melunasi hutang? Kami memberikan pinjaman kepada bagian dunia. Bunga pinjaman kami adalah 2% per menghancurkan dengan durasi dinegosiasikan, terlepas dari lokasi atau status kredit. Dapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui alamat email Perusahaan di: Morganpatrick517@gmail.com

    TOLONG DICATAT: Kami mengeluarkan dari minimal $ 500,00 / euro hingga maksimum 50.000.000,00 US DOLLAR / EURO, DLL Permintaan pinjaman harus dinyatakan dalam dolar AS atau euro dan mata uang lainnya yang digunakan.
    Pencari pinjaman yang berminat ada di bawah ini untuk mengisi formulir permohonan pinjaman untuk persetujuan.

    NAMA HUKUM PEMOHON
    Judul: Tn. Tuan / Tuan
    Nama keluarga:
    Nama depan:
    Tanggal lahir:
    Seks:
    Status sipil:
    Kerabat terdekat:
    Nomor Seluler dan email dari Berikutnya atau Kin:
    Alamat saat ini:
    Negara:
    Provinsi negara bagian:
    Kode Pos:
    Nomor telepon rumah:
    Bukan ponsel:
    Email alternatif:

    Jumlah kendaraan:
    B. RINCIAN PINJAMAN
    Tanggal aplikasi (hari / bulan / tahun):
    Jumlah Pinjaman Yang Diperlukan:
    Tujuan pinjaman:
    Pendapatan bulanan:
    Durasi pinjaman:

    BalasHapus
  27. semua berkat mrs karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir merenggut nyawaku, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik perusahaan pinjaman roland karina, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya bisa bertemu dengan syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah rincian saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik Ibu. Karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaannya yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  28. Hubungi kami:

    WhatsApp:+62 (822)7404 5059
    Tel....+44 (7480) 729811

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik




    e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum
    Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, ALLAH telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Februari tahun ini, kesaksian saya berjalan seperti ini, Nama saya Siti Rosidah dari Kota Denpasar. Bali, saya seorang wanita bisnis, saya memiliki perusahaan air dan suami saya memiliki layanan sewa kamar 33. Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk memberi tahu Anda semua yang membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk menipu Anda dan mencuri Anda uang hasil jerih payah.

    Suami saya dan saya membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan bisnis kami dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online. Kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura pada November 2019, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp43 juta untuk perusahaan pinjaman di Singapura. Kami melamar ke perusahaan lain dan juga kehilangan Rp32 juta ke perusahaan pinjaman dari Afrika. Kami mengajukan pinjaman sebesar Rp8,4 Miliar dan dengan semua biaya yang kami bayarkan, kami tidak mendapatkan pinjaman. Suamiku dan aku sangat Frustrasi. Berbagai bisnis kami turun; kami berutang uang kepada pekerja dan orang lain karena kami menghabiskan banyak uang untuk membayar biaya dan tidak pernah menerima pinjaman yang kami ajukan.

    Jadi ALLAH sangat baik, kami berdoa dan bahwa ALLAH mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia 11 Februari, tahun ini, saya menjelajah internet ketika saya menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Aprimianti bagaimana ALLAH mengubah dia kehidupan keuangan melalui perusahaan pinjaman dia meminta saya untuk menghubungi Ocean Credit dan dia memperkenalkan saya kepada perusahaan dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman. Ocean Credit Company akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman dan saya mendapatkan jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan suku bunga murah, cukup mendaftar melalui Ocean Credit melalui email: (oceancreditfinancial@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (sitirosidah164@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    Semoga kedamaian, rahmat, dan berkah dari ALLAH menyertai Anda semua.

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum
    Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, ALLAH telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Februari tahun ini, kesaksian saya berjalan seperti ini, Nama saya Siti Rosidah dari Kota Denpasar. Bali, saya seorang wanita bisnis, saya memiliki perusahaan air dan suami saya memiliki layanan sewa kamar 33. Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk memberi tahu Anda semua yang membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk menipu Anda dan mencuri Anda uang hasil jerih payah.

    Suami saya dan saya membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan bisnis kami dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online. Kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura pada November 2019, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp43 juta untuk perusahaan pinjaman di Singapura. Kami melamar ke perusahaan lain dan juga kehilangan Rp32 juta ke perusahaan pinjaman dari Afrika. Kami mengajukan pinjaman sebesar Rp8,4 Miliar dan dengan semua biaya yang kami bayarkan, kami tidak mendapatkan pinjaman. Suamiku dan aku sangat Frustrasi. Berbagai bisnis kami turun; kami berutang uang kepada pekerja dan orang lain karena kami menghabiskan banyak uang untuk membayar biaya dan tidak pernah menerima pinjaman yang kami ajukan.

    Jadi ALLAH sangat baik, kami berdoa dan bahwa ALLAH mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia 11 Februari, tahun ini, saya menjelajah internet ketika saya menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Aprimianti bagaimana ALLAH mengubah dia kehidupan keuangan melalui perusahaan pinjaman dia meminta saya untuk menghubungi Ocean Credit dan dia memperkenalkan saya kepada perusahaan dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman. Ocean Credit Company akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman dan saya mendapatkan jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan suku bunga murah, cukup mendaftar melalui Ocean Credit melalui email: (oceancreditfinancial@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (sitirosidah164@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    Semoga kedamaian, rahmat, dan berkah dari ALLAH menyertai Anda semua.

    BalasHapus
  31. Kami di sini untuk memberikan pinjaman mulai dari $ 10.000,00 minimum hingga $ 10.000.000,00 maksimum yaitu ketika Anda ingin mengajukan permohonan dalam Dolar juga jika Anda berasal dari Indonesia Anda bebas untuk mengajukan pinjaman minimal Rp.100 juta minimum maksimum Rp.25 miliar demikian juga jika Anda dari Malaysia Anda bebas untuk mengajukan pinjaman minimum Rm30k dan Rm850k sebagai maksimum Anda juga dapat mengajukan dalam mata uang lain yang tidak disebutkan di atas, kami selalu di sini untuk menyediakan pinjaman yang Anda butuhkan untuk memenuhi semua pengeluaran keuangan Anda pada tingkat yang sangat rendah karena kami telah melakukan ini selama bertahun-tahun dan telah berhasil dan bermanfaat bagi pemberi pinjaman dan peminjam itu sebabnya kami memiliki kesaksian di mana-mana <<<< >> >> Kesaksian terakhir adalah Farouk dari Malaysia dengan jumlah Rm2.3juta dan juga Indra dari Indonesia dengan jumlah Rp.570juta jadi tolong jangan ketinggalan dalam transaksi yang sangat ramah pelanggan ini <<<<< >>> >>>>

    Di bawah ini adalah Informasi kontak

    Company Name:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY

    ☎::::::::::::>+62 822-7404-5059
    W/A:::::::>+62 822-7404-5059
    e_mail::>[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus
  32. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor Akun: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum ketika saya memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp250.000.000 untuk menghapus semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami saya sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan saat ini saya sangat bahagia dan berterima kasih atas bantuan IBU KARINA karena memberi saya pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan dari KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan yang maha kuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari IBU KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  33. Pinjaman saya;Rp5,5 miliar.
    suku bunga pinjaman:1% saja
    W/App....: .... +6281617538564
    instagram: Aasimahaadilaaloanfirm
    twitter: ... aasimahaadilaahmedloanfirm
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com

    salla Llâhu ‘alayhi wa sallam, nama saya Neni Syahir, saya adalah korban penipuan di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp.65.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 5,5 miliar. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan suami saya. saya tidak tahan lagi dengan hal ini. 4 November 2019 ini, saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah restuarant di Bandung yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. AASIMAHA ADILA MEMILIKI LOAN FIRM, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Tolong, bantu saya untuk berterima kasih kepada ibu muslim yang memberikan pinjaman besar kepada pemilik perusahaan, pabrik burung hantu dan orang pribadi. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia, Jika Anda ingin pinjaman modal besar, Anda dapat menghubungi mereka dan melihat situs web mereka Anda perlu tahu bahwa ada banyak scammers di blog ini yang tidak memiliki situs web di google map, saya menawarkan pinjaman dengan tingkat sangat rendah 1% dan saya mendapat pinjaman dalam 1 jam. .saya punya bukti pembayaran pinjaman saya. Saya bahagia dan lebih baik sekarang
    Kontak Aplikasi pinjaman besar
    E-mel: *******aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Email saya; ***************** nenisyahir@gmail.com
    Bismillâh ar-ra.hmân ar-ra.hîm

    BalasHapus
  34. Saya Fitriani Suhesti dari kota Medan. Saya melihat pos ibu Yanti Ari dengan perinciannya tentang bagaimana dia meminjam dari Guaranty Trust Loans untuk memulihkan bisnisnya dan juga memperluas bisnisnya. Ibu berkata dia tinggal di kota Medan dan saya tinggal di kota itu jadi saya memutuskan untuk menghubunginya karena saya telah kehilangan 16 juta karena penipuan hanya karena saya memerlukan pinjaman untuk mengembangkan bisnis saya.

    Di bawah ini adalah informasinya yang saya lihat dan yang saya hubungi.

    nama ibu: Yanti Ari
    nomor telepon: +62 821-1644-0184
    Nomor Whatsapp: +62 821-1644-0184
    Kota: Medan
    email ibu: ariy6261@gmail.com
    Setelah saya menghubungi ibu yanti, dia memberi tahu saya segala sesuatu yang perlu saya ketahui dan dia mengatakan kepada saya bahwa setelah saya menghubungi Guaranty Trust Loans dan menerima pinjaman saya, saya harus mencoba membagikan cerita saya sehingga orang lain yang membutuhkan pinjaman yang dapat diandalkan perusahaan dapat diselamatkan dari orang-orang curang yang bukan pemberi pinjaman.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sejumlah 500 juta Rupiah, dan mereka meminta kredensial saya yang saya kirimkan dan setelah mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon dan mungkin itu salah satu tindakan penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi karena ibu Yanti berasal dari Medan dan saya melihat buktinya sehingga saya memercayai mereka, saya kagum ketika mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa Allah menggunakan ibu yanti yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari pemberi pinjaman palsu dan juga akan memenuhi impian bisnis saya.

    Jadi saya menasihati semua orang yang tinggal di Indonesia, Malaysia dan bagian lain dunia yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silakan hubungi Guaranty Trust Loans dan di bawah ini adalah detail mereka
    email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi perusahaan dengan nomor ini: +1(470)481-0039
    jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (fitrianisuhesti90@gmail.com)
    terima kasih semua telah membaca kisah saya, dan semoga Allah terus melindungi dan memberkati kita semua bahkan di masa-masa sulit karena pandemi coronavirus.

    BalasHapus
  35. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  36. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  37. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Perlu Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tetapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan tidak ada muslim untuk menghubungi ibu baik karina di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk meminta nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

    BalasHapus
  38. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  39. Sulit dipercaya bagaimana saya mendapat pinjaman Rp150.000.000. Nama saya Ny. Mainunah Elsa saya adalah warga negara Indonesia. Saya senang saya mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman saya. Saya sudah mencoba berbagai layanan tetapi saya tidak pernah bisa mendapatkan pinjaman dari layanan tersebut. beberapa dari mereka akan meminta saya untuk mengisi banyak dokumen dan pada akhirnya tidak akan berakhir dengan baik. tetapi saya senang setelah bertemu dengan MOTHER KARINA, saya bisa mendapatkan pinjaman Rp150.000.000 sekarang bisnis saya berjalan dengan baik dan saya ingin memberi tahu Anda semua hari ini karena mereka cepat dan 100% dapat diandalkan. sekarang saya membayar kembali pinjaman yang saya dapatkan dari Perusahaan (KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY). hubungi mereka dan jangan buang waktu Anda dengan para peminjam pinjaman palsu: Email: (karinarolandloancompany @ gmail. com)

    NAMA PERUSAHAAN = PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    WHATSAP = +15857083478
    EMAIL PERUSAHAAN = KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    EMAIL SAYA = MAIMUNAHELSAELSA@GNAIL.COM
    NAMA ACCOUNT =, MAINUNAH ELSA
    BANK = BANK NEGARA INDONESIA
    PINJAMAN YANG DISETUJUI = Rp 150.000.000

    BalasHapus
  40. Nama saya Azmi, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman, mereka banyak scammer dan peminjam pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membantu saya dengan Bunda Alicia Radu setelah saya tertipu oleh 6 pinjaman pemberi pinjaman. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan ROBBI dari saya untuk mendapatkan pinjaman saya sebesar RM 10.000 dari ibu Alicia Radu dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2%.

    Saya sangat terkejut ketika memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirim dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

    dan Anda masih dapat menghubungi ROBBI yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (robbi5868@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (azmi88455@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu,
    semoga ALLAH terus memberkati ibu Alicia Radu And is Family

    BalasHapus
  41. KARINA ROLAND LOAN COMPANY Are you looking for a loan to start up that business or project of your heart desire? At KARINA ROLAND LOAN COMPANY, we offer all types of financial assistance to all individuals who need loans such as "personal loans, investment loans, home loan loans and loan companies worldwide, our interest rate is 2% per year. We also provide financial advice and assistance to our clients and applicants If you have a good project or want to start a business and need a loan to finance it immediately, we can talk about it, sign a contract and then fund your project or business for you with in conjunction with World Bank and Bank of Industry.

    Contact KARINA ROLAND LOAN COMPANY today for any currency you want.

    Business Category

    Merchandising Business.
    Manufacturing business
    Hybrid Business.
    Single ownership
    Partnership.
    Company.
    Limited liability company.
    personal loans.
    investment loans.
    Debt Loan.
    Home Loan
    Mortgage loans
    Auto laons.
    Student loans.
    Payday loans.
    Islamic loans.
    Agricultural loans.
    Church loan.

    KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY
    Email: karinaloancompany @ gmail com WhatsApp only +1 (585) 708-3478.
    Facebook name: Elena karina Roland
    Instagram: Karina Roland

    BalasHapus
  42. Saya Miluliua lius dari Indonesia, saya menggunakan Covid-19 Virus kali ini untuk memperingatkan semua kolega, saudari dan saudara lelaki saya di Indonesia. Yang mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan kepada Anda pinjaman asli adalah RIKA ANDERSON PINJAMAN PERUSAHAAN. Saya mendapat pinjaman dari mereka pada bulan April 2020 ini. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 4 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi ibu RIKA ANDERSON mengembalikan impian saya. Ini adalah alamat email asli mereka: Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp +1(323)689-3663.
    Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran.
    Email: Miluliualius@gmail.com

    BalasHapus
  43. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  44. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum wr.wb




    Kami di Arab Credit Group telah luar biasa ketika datang untuk membantu orang-orang dalam masalah keuanganan mereka dengan utang yang tak terhitung jumlahnya untuk membayar, tugas kami adalah untuk membantu Anda dengan pinjaman untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, dan menjadi keuangan yang stabil lagi. platform pembayaran kami sederhana, kami menyediakan Anda dengan suku bunga terendah 2% pinjaman Anda dapat menemukan, Arab Credit Group adalah Perusahaan pinjaman yang dimiliki oleh Keluarga Arab kami, kami telah memutuskan untuk membantu saudara-saudari kami untuk menjadi kuat secara finansial seperti yang diperintahkan Tuhan. kami di sini untuk memberi Anda bantuan untuk sukses dalam hidup.

    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com
    Pin BBM: {E39B5EE5}  

    BalasHapus
  46. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  47. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus
  48. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  49. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan secara online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang sedang mencari pinjaman cepat untuk menyelesaikan masalah yang diinginkan dengan cepat. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan adik saya yang juga mendapat pinjaman Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA. Sebelum saya menghubungi mereka untuk mendapatkan pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Ada Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka memberikan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan bukan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

    BalasHapus
  50. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  51. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY Email: belindachristopherloancompany@gmail.comwhatsapp: +1 (347) 797-0786
    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) untuk a pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)
    Nama: Anik susiawati Bank: Bank Central Asia (BCA) Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000 Tanggal: 17 Agustus 2020 Email. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  52. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang mengenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019 Atau +13108626660

    mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Budiwati Permata
    Pinjaman saya 800 juta
    perusahaan investasi pinjaman christael Missan
    Instagram: Christabel Missan
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Nomor Whatsapp +15614916019 Atau +13108626660

    BalasHapus
  53. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang mengenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019 Atau +13108626660

    mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Budiwati Permata
    Pinjaman saya 800 juta
    perusahaan investasi pinjaman christael Missan
    Instagram: Christabel Missan
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Nomor Whatsapp +15614916019 Atau +13108626660

    BalasHapus
  54. Halo, nama saya Aisha Nayla, mangsa penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya rugi sekitar Rp300.000.000 karena saya butuh modal besar Rp300.000.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. perdagangan saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan dengan kejadian ini lagi. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ms. Christian Missan Loan Investment Company, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000.000.000

    Ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik Christabel Missan dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasehat kepada sesama orang Indonesia, bahwa banyak penipu disana, jadi jika anda membutuhkan pinjaman perdamaian dan keamanan dan siapapun yang membutuhkan pinjaman mendesak harus cepat hubungi Christabel Missan melalui email christabelloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu +15614916019 atau +13108626660

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: aishanaylad@gmail.com. Dan Anda bisa nomor whatsApp saya +6283867549567

    Dan Anda juga dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya pada perusahaan pinjaman ibu yang baik, Lady Liliyana, email: liliyanabasuki@gmail.com jika Anda ragu. bantu dia satu-satunya orang yang bisa dipercaya dan bisa dipercaya.

    BalasHapus
  55. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  56. Halo, nama saya Aisha Nayla, mangsa penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya rugi sekitar Rp300.000.000 karena saya butuh modal besar Rp300.000.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat tujuan. perdagangan saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan dengan kejadian ini lagi. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ms. Christian Missan Loan Investment Company, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000.000.000

    Ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik Christabel Missan dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasehat kepada sesama orang Indonesia, bahwa banyak penipu disana, jadi jika anda membutuhkan pinjaman perdamaian dan keamanan dan siapa saja yang membutuhkan pinjaman mendesak harus cepat hubungi Christabel Missan melalui email christabelloancompany @ gmail .com
    Anda masih dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu +15614916019 atau +13108626660

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: aishanaylad@gmail.com. Dan Anda dapat nomor whatsApp saya +6283867549567

    Dan Anda juga dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya pada perusahaan pinjaman ibu yang baik, Lady Liliyana, email: liliyanabasuki@gmail.com jika Anda ragu. bantu dia satu-satunya orang yang bisa dipercaya dan bisa dipercaya.

    BalasHapus
  57. Halo, nama saya Aisha Nayla, mangsa penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya rugi sekitar Rp300.000.000 karena saya butuh modal besar Rp300.000.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat tujuan. perdagangan saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan dengan kejadian ini lagi. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ms. Christian Missan Loan Investment Company, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000.000.000

    Ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik Christabel Missan dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasehat kepada sesama orang Indonesia, bahwa banyak penipu disana, jadi jika anda membutuhkan pinjaman perdamaian dan keamanan dan siapa saja yang membutuhkan pinjaman mendesak harus cepat hubungi Christabel Missan melalui email christabelloancompany @ gmail .com
    Anda masih dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu +15614916019 atau +13108626660

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: aishanaylad@gmail.com. Dan Anda dapat nomor whatsApp saya +6283867549567

    Dan Anda juga dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya pada perusahaan pinjaman ibu yang baik, Lady Liliyana, email: liliyanabasuki@gmail.com jika Anda ragu. bantu dia satu-satunya orang yang bisa dipercaya dan bisa dipercaya.

    BalasHapus
  58. Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda.Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan karena alasan apapun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan keuangan Anda.Kami telah memberikan Miliaran (mata uang yang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis.Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tunjuk sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman segala jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk melunasi pinjaman Apakah Anda memiliki kredit macet? Apakah Anda butuh uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda?ISLAMIC REFINANCING LOAN COMPANY
    tujuannya adalah untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: [islamicrefinancing@gmail.com]
    WhatsApp:+15716666386

    BalasHapus
  59. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  60. Nama ::::: [Merissa Ahmed]
    Negara::::::[Malaysia]
    Alamat:::::[Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]
    Bandar::::::::::::[Kuala Lumpur]
    Amaun Pinjaman::::[RM 450k. [berjaya]

    e_mail::::[merissaahmed11@gmail.com]


    Nama saya Merissa, seorang ibu kepada dua anak saya dari Malaysia dan saya telah berada di Malaysia selama bertahun-tahun dan sehingga saat ini kesaksian ini saya masih berada di Malaysia. Salah satu masalah utama yang pernah saya hadapi dengan perniagaan saya ialah masalah kewangan dan pembiayaan semula dan ini menyebabkan saya mencari pinjaman dan akibatnya saya menjadi mangsa 2 pemberi pinjaman fiktif dan ini sebenarnya membuat saya trauma sampai tahap tertentu tetapi saya tidak pernah putus asa sehingga saya melalui blog dan juga media lain saya mempunyai peluang untuk menemui [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] pada awalnya saya berasa takut dan sangat skeptikal mengenainya, tetapi saya harus mengambil risiko satu kali yang akhirnya membawa kepada kebebasan kewangan saya. Saya benar-benar memohon pinjaman sebanyak RM 450K dalam masa 24 jam proses pembayaran berjaya dilakukan. Keseluruhan proses ini boleh dipercayai dengan jujur ​​dan boleh dipercayai, jadi jangan takut dengan pinjaman dalam talian hubungi [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] untuk mendapatkan pinjaman yang boleh dipercayai @ kadar faedah yang sangat rendah Anda boleh menghubungi mereka melalui alamat e-mel di bawah ::
    financialserviceauthority400@gmail.com
    Atau jika anda ingin membuat lebih banyak pertanyaan, anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini: merissaahmed11@gmail.com

    Nama:::::[Merissa Ahmed]
    Negara::::::[Malaysia]
    Alamat ::::: [Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]
    Bandar::::::::::::[Kuala Lumpur]
    Amaun Pinjaman::::[RM 450k. [berjaya]

    BalasHapus
  61. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang saya bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  62. Nama:::::::::::::::::::::::::::[Queen Jamillah]
    Negara:::::::::::::::::::::::::::::[Indonesia]
    Jumlah:::::::::::::::::::[Rp.9,8 miliar]
    Alamat::::::::::::::::::::[Surabaya]
    W/A:::::::[+6287818697754]
    ☎::::::[+6287818697754]
    e_mail:::::::::::::::::[queenjamillah09@gmail.com]
    Teman-teman orang Indonesia Nama saya Jamiilah saya seorang muslim jika Anda membaca blog selama dua sampai tiga tahun sekarang Anda akan menemukan bahwa saya telah membuat beberapa kesaksian mengenai saya mendapatkan pinjaman dari Bunda Iskandar dan saya memang sangat senang karena memberi tahu semua orang bahwa ibu Iskandar memang pemberi pinjaman yang sangat tulus dan juga saya dapat membuktikan fakta bahwa begitu banyak pelanggan juga telah mendapatkan pinjaman yang benar dari ibu selama bertahun-tahun melalui saya dan saya sangat senang untuk itu [Kesaksian terbaru sekarang adalah bahwa suami saya harus menyusun rencana mendirikan perusahaan mencuri di (Surabaya))))))) sehingga dia juga dapat memiliki akses ke bisnis yang lebih dan lebih berorientasi pada keuntungan yang melibatkan capaital yang sangat besar sehingga saya harus menghubungi Ibu bahkan ketika saya belum menyelesaikan cicilan bulanan terakhir saya sehingga ibu setuju untuk meminjamkan saya dan suami saya karena rencana bisnisnya berorientasi pada keuntungan dan kami harus mengajukan pinjaman sebesar (((Rp. 9,8 miliar) sehingga dana untuk proyek tersebut akan menjadi e Cukup mengejutkan kami, pinjaman saya disetujui oleh manajemen dalam waktu beberapa jam dan setelah beberapa waktu transfer berhasil dilakukan dengan gangguan dari OJK atau lembaga pengatur keuangan lainnya]

    Ibu Iskandar tidak pernah menipu siapa pun atas uangnya,
    Ibu memang pemberi pinjaman yang sangat tulus
    Perusahaan Induk terdaftar di OJK jadi jangan takut
    Ibu Iskandar punya catatan bagus dalam meminjamkan
    Tarifnya sangat bersahabat dibandingkan dengan Bank
    Minimum (Rp.100juta)))))
    Maksimum (((((Rp.100billion)

    Detail Kontak Perusahaan:
    e_mail:::[[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]]]
    COMPANY::::::::::::[Iskandar Lestari Loan Company]]]

    BalasHapus
  63. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang saya bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  64. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang saya bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  65. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang saya bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  66. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang saya bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  67. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang saya bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  68. CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTMENT COMPANY (CMLIC) CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTMENT COMPANY (CMLIC)
    PERUSAHAAN PINJAMAN INVESTASI CHRISTABEL MISSAN
    KABAR BAIK KABAR BAIK KABAR BAIK

    PELUANG PINJAMAN KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS BANTUAN KEUANGAN UNTUK SEMUA INDIVIDU Kami juga mengkhususkan diri dalam Bitcoin !!!

    Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah Anda memiliki kredit buruk? Apakah bank Anda gagal? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman. Tidak perlu jaminan. Saya adalah investor swasta yang mengkhususkan diri dalam menyediakan semua jenis dana investasi, termasuk reksa dana, pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, pinjaman real estat, pinjaman mobil kombinasi, pinjaman konsolidasi, pinjaman komersial, dll. Rasa sakit ada di tangan Anda. Saya akan memenuhi kebutuhan Anda. janji
    Tidak ada permainan, tidak ada bisnis. Jumlah Pinjaman: Minimum $1.000 hingga jumlah pinjaman maksimum $10.000.000 Pinjaman dan suku bunga di atas: 2% Area pinjaman: seluruh dunia Durasi maksimum: hingga 20 tahun.
    Jika Anda tertarik, lengkapi formulir pengajuan pinjaman di bawah ini: Informasi Peminjam:
    Nama lengkap: __________
    Negara: ____________
    Jenis Kelamin: ________________
    Umur: ________________
    Jumlah pinjaman: _____
    durasi waktu: _______
    Tujuan Pinjaman: _______
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di alamat
    Email: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram: Christabel Missan
    Nomor Whatsapp +15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  69. CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTMENT COMPANY (CMLIC) CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTMENT COMPANY (CMLIC)
    PERUSAHAAN PINJAMAN INVESTASI CHRISTABEL MISSAN
    KABAR BAIK KABAR BAIK KABAR BAIK

    PELUANG PINJAMAN KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS BANTUAN KEUANGAN UNTUK SEMUA INDIVIDU Kami juga mengkhususkan diri dalam Bitcoin !!!

    Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah Anda memiliki kredit buruk? Apakah bank Anda gagal? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman. Tidak perlu jaminan. Saya adalah investor swasta yang mengkhususkan diri dalam menyediakan semua jenis dana investasi, termasuk reksa dana, pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, pinjaman real estat, pinjaman mobil kombinasi, pinjaman konsolidasi, pinjaman komersial, dll. Rasa sakit ada di tangan Anda. Saya akan memenuhi kebutuhan Anda. janji
    Tidak ada permainan, tidak ada bisnis. Jumlah Pinjaman: Minimum $1.000 hingga jumlah pinjaman maksimum $10.000.000 Pinjaman dan suku bunga di atas: 2% Area pinjaman: seluruh dunia Durasi maksimum: hingga 20 tahun.
    Jika Anda tertarik, lengkapi formulir pengajuan pinjaman di bawah ini: Informasi Peminjam:
    Nama lengkap: __________
    Negara: ____________
    Jenis Kelamin: ________________
    Umur: ________________
    Jumlah pinjaman: _____
    durasi waktu: _______
    Tujuan Pinjaman: _______
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di alamat
    Email: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram: Christabel Missan
    Nomor Whatsapp +15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  70. CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTMENT COMPANY (CMLIC) CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTMENT COMPANY (CMLIC)
    PERUSAHAAN PINJAMAN INVESTASI CHRISTABEL MISSAN
    KABAR BAIK KABAR BAIK KABAR BAIK

    PELUANG PINJAMAN KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS BANTUAN KEUANGAN UNTUK SEMUA INDIVIDU Kami juga mengkhususkan diri dalam Bitcoin !!!

    Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah Anda memiliki kredit buruk? Apakah bank Anda gagal? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman. Tidak perlu jaminan. Saya adalah investor swasta yang mengkhususkan diri dalam menyediakan semua jenis dana investasi, termasuk reksa dana, pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, pinjaman real estat, pinjaman mobil kombinasi, pinjaman konsolidasi, pinjaman komersial, dll. Rasa sakit ada di tangan Anda. Saya akan memenuhi kebutuhan Anda. janji
    Tidak ada permainan, tidak ada bisnis. Jumlah Pinjaman: Minimum $1.000 hingga jumlah pinjaman maksimum $10.000.000 Pinjaman dan suku bunga di atas: 2% Area pinjaman: seluruh dunia Durasi maksimum: hingga 20 tahun.
    Jika Anda tertarik, lengkapi formulir pengajuan pinjaman di bawah ini: Informasi Peminjam:
    Nama lengkap: __________
    Negara: ____________
    Jenis Kelamin: ________________
    Umur: ________________
    Jumlah pinjaman: _____
    durasi waktu: _______
    Tujuan Pinjaman: _______
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di alamat
    Email: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram: Christabel Missan
    Nomor Whatsapp +15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  71. Halo, saya FIGUEIREDO DE OLIVEIRA LUCIANO, saat ini tinggal di kota Bristol, di sini di Inggris. Saya seorang duda saat ini dengan Empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Mei 2019 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya. Saya mencoba mencari pinjaman dari bank dan berbagai perusahaan pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya diperkenalkan kepada seorang wanita Tuhan pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberi saya pinjaman sebesar $ 150,000.00 USD dan hari ini saya adalah pemilik bisnis dan anak-anak saya baik-baik saja saat ini, jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan mengacu pada mengamankan pinjaman tanpa agunan , tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatangan bersama dengan tingkat bunga hanya 3% dan rencana dan jadwal pembayaran yang lebih baik, silakan hubungi Mrs Rossa Stanley (rossastanleyloancompany@gmail.com ). Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat bahagia sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan saya juga ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak. Anda dapat menghubunginya melalui ini
    email- rossastanleyloancompany@gmail.com
    untuk pertanyaan kontak saya adalah Whatsapp +(44)-7537-1690-15
    email pribadi saya- figueiredoluciano2020@gmail.com
    figueiredoluciano10@yahoo.com

    BalasHapus
  72. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman Rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus